Kompas.com - 05/09/2013, 17:55 WIB
EditorErvan Hardoko

KABUL, KOMPAS.com — Panglima militer Inggris di Afganistan, Letnan Jenderal John Lorimer, Kamis (5/9/2013), mengatakan, militer negara itu terbukti merupakan pasukan yang efektif dalam bertugas.

Menurut Letjen Lorimer, pasukan Afganistan sudah memperlihatkan ketahanan dan kemampuan dalam menghadapi serangan Taliban.

"Jika berperang dengan musuh yang kejam, Anda tidak bisa terhindar dari akan jatuhnya sejumlah korban," jelasnya dalam wawancara dengan BBC di Kabul.

"Mereka membangun para pemimpin. Mereka mengambil langkah di depan, berperang melawan pemberontak," lanjut Lorimer.

Komentar Letjen Lorimer ini disampaikan di tengah meningkatnya jumlah korban jiwa akibat serangan kelompok militan dalam beberapa waktu belakangan.

Kepolisian Afganistan mengakui jumlah polisi yang tewas dalam periode enam bulan belakangan meningkat dua kali lipat dibanding periode yang sama dua tahun sebelumnya.

Bagaimanapun—seperti dilaporkan wartawan BBC di Kabul, Karen Allen—komentar panglima Inggris di Afganistan itu menjadi keyakinan bagi pasukan Afganistan yang kini memimpin operasi tempur menjelang penarikan mundur pasukan NATO.

Saat ini, kurang dari 8.000 tentara Inggris masih berada di Afganistan, bersama pasukan Amerika Serikat dan negara-negara anggota NATO lainnya yang jumlah totalnya diperkirakan 100.000 anggota.

NATO sudah menyerahkan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Afganistan sebelum mundur dari Afganistan akhir tahun depan.

Pasukan tempur asing akan meninggalkan negara ini pada akhir 2014, tetapi jumlah pasukan asing yang masih akan tetap tinggal di Afganistan masih dirundingkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.