Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nelson Mandela Meninggalkan Rumah Sakit

Kompas.com - 02/09/2013, 05:04 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggalkan rumah sakit, Minggu (1/9/2013). Dia menjalani perawatan intensif di rumah sakit mulai 8 Juni 2013, dan sempat berkali-kali dikabarkan kritis.

Kepulangan Mandela ke rumahnya di kawasan makmur Johannesburg, akan memungkinkan dia dan keluarga berbagi waktu lebih dekat. Kondisi kesehatan Mandela dinyatakan tetap kritis dan tak stabil sekalipun diizinkan pulang ke rumah.

Kantor Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengeluarkan pernyataan bahwa Mandela akan tetap mendapatkan perawatan intensif seperti ketika berada di rumah sakit. Dokter yang menangani Mandela di rumah juga adalah dokter yang merawatnya di rumah sakit.

"Rumahnya telah ditata ulang untuk memungkinkan dia mendapatkan perawatan intensif," demikian salah satu bagian pernyataan itu. Bila kemudian terjadi kondisi kesehatan yang mengharuskannya kembali ke rumah sakit, lanjut pernyataan itu, pemindahan akan dilakukan segera.

Selama 3 bulan, Mandela dirawat di rumah sakit di Pretoria, sekitar 50 kilometer dari Johannesburg. Saat dia dirawat, warga Afrika Selatan terus memperbanyak doa, bahkan menjadikan rumah Mandela dan pintu masuk ke rumah sakit sebagai semacam "tempat suci" yang memperdengarkan doa tiada henti.
Dilarikan ke rumah sakit pada 8 Juni 2013, Mandela disebut mengalami infeksi paru berulang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com