Kompas.com - 02/09/2013, 05:04 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani
JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela meninggalkan rumah sakit, Minggu (1/9/2013). Dia menjalani perawatan intensif di rumah sakit mulai 8 Juni 2013, dan sempat berkali-kali dikabarkan kritis.

Kepulangan Mandela ke rumahnya di kawasan makmur Johannesburg, akan memungkinkan dia dan keluarga berbagi waktu lebih dekat. Kondisi kesehatan Mandela dinyatakan tetap kritis dan tak stabil sekalipun diizinkan pulang ke rumah.

Kantor Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mengeluarkan pernyataan bahwa Mandela akan tetap mendapatkan perawatan intensif seperti ketika berada di rumah sakit. Dokter yang menangani Mandela di rumah juga adalah dokter yang merawatnya di rumah sakit.

"Rumahnya telah ditata ulang untuk memungkinkan dia mendapatkan perawatan intensif," demikian salah satu bagian pernyataan itu. Bila kemudian terjadi kondisi kesehatan yang mengharuskannya kembali ke rumah sakit, lanjut pernyataan itu, pemindahan akan dilakukan segera.

Selama 3 bulan, Mandela dirawat di rumah sakit di Pretoria, sekitar 50 kilometer dari Johannesburg. Saat dia dirawat, warga Afrika Selatan terus memperbanyak doa, bahkan menjadikan rumah Mandela dan pintu masuk ke rumah sakit sebagai semacam "tempat suci" yang memperdengarkan doa tiada henti.
Dilarikan ke rumah sakit pada 8 Juni 2013, Mandela disebut mengalami infeksi paru berulang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.