Kompas.com - 15/08/2013, 12:18 WIB
EditorEgidius Patnistik
KAIRO, KOMPAS.com — "Di sini sangat dingin dan saya menggigil!" Itulah pesan terakhir Habiba Ahmed Abd Elaziz, reporter surat kabar mingguan Xpress yang berbasis di Uni Emirat Arab, kepada ibunya dari Kairo pada Rabu (14/8/2013) pagi. Habiba merupakan salah satu dari sedikitnya 280 orang tewas, berdasarkan laporan terakhir, dalam bentrokan antara massa pendukung presiden Muhammad Mursi, yang terguling dengan pasukan keamanan kemarin.

Habiba dan ibunya, Sabreen Mangoud, bertukar pesan teks bernada kecemasan pada Rabu pagi ketika pasukan keamanan Mesir bergerak maju dan memblokade jalan-jalan yang mengarah ke perkemahan para pengunjuk rasa di Kairo. Sang ibu, yang di tinggal di Sharjah, sebuah emirat di Uni Emirat Arab, kemudian menyebar pertukaran pesan teks mereka dalam postingan-nya di Facebook yang kemudian dikutip harian The National.

Pukul 06.19

Ibu: Habiba, apa yang terjadi di sana? Saya pergi tidur pukul 01.30, itu berarti pukul 11.30 di tempatmu. Apa yang terjadi dengan serangan itu? Ceritakan padaku.

Habiba: Tentara dan polisi memang bergerak di sekitar gerbang. Media center berubah menjadi sebuah rumah sakit lapangan dan alun-alun dalam siaga tinggi.

Ibu: Kamu di mana?

Habiba: Hanya wartawan yang diizinkan tetap berada di dalam gedung. Saya harus meliput monumen itu kalau pertempuran dimulai.

Ibu: Monumen itu agak jauh dari Rabia.

Habiba: Pasukan keamanan ada di setiap gerbang sekarang. Saya di media center. Itu sama sekali tidak jauh, dan pintu besar dapat ditembus dengan mudah.

Ibu: Apakah ada banyak pasukan polisi dan tentara?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.