Kompas.com - 10/08/2013, 20:04 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Baku tembak dengan tentara Filipina di Cotabato menewaskan dua orang serdadu dari Gerakan Pembebasan Islam Bangsamoro (BIFM) pada Sabtu (10/8/2013). Dalam insiden itu juga, dua serdadu Filipina terluka.  

Adalah Juru Bicara Divisi 6 Angkatan Darat Filipina Kolonel Dickson Hermoso yang mengatakan kalau saling tembak itu dimulai sekitar pukul setengah sepuluh pagi di Desa Tubak. Warga sekitar mengatakan ada sekelompok pria bersenjata masuk ke desa itu. Mendengar laporan itu, tentara Filipina melakukan operasi. Alhasil, baku tembak tak terelakkan.

Cotabato acap menjadi ajang pertempuran antara kelompok BIFM versus tentara Filipina. Menurut warta AP, gara-gara perang itu, 2.000 warga Cotabato memilih mengungsi. "Kebanyakan pertempuran justru terjadi di dekat kawasan pengungsian Desa Pagangan,"kata Gubernur Cotabato Emmelou Mendoza.

BIFM pada 2010 memisahkan diri dari Front Pembebasan Islam Moro (MILF). Kelompok bersenjata
ini dianggap bertanggung jawab terhadap sejumlah serangan bom di berbagai wilayah di Filipina. Termasuk di dalamnya adalah peledakan bom pada 5 Agustus lalu. Insiden kekerasan ini menewaskan 8 orang dan melukai lusinan warga lainnya.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.