Kompas.com - 31/07/2013, 15:24 WIB
EditorErvan Hardoko
RIYADH, KOMPAS.com — Dua orang pria penumpang maskapai Saudi Airlines diturunkan secara paksa setelah mencoba menasihati seorang pramugari yang menurut kedua pria itu bertingkah "genit" saat berbicara dengan seorang penumpang.

Kejadian itu terjadi pekan lalu, tetapi salah seorang penumpang yang diturunkan paksa, Khaled bin Abdulrahman al-Mahyzaa baru menceritakan kasus itu pekan ini.

Saat itu, seperti dikabarkan harian Sabq, Khaled sedang berada di salah satu pesawat Saudi Airlines yang akan terbang dari Riyadh menuju ke Jeddah.

Saat itulah dia melihat dan mendengar seorang pramugari menyapa seorang penumpang pria dengan sapaan "habibi".

Dalam bahasa Arab, kata "habibi" bisa diterjemahkan menjadi "sayangku" atau "cintaku".

Namun, kata "habibi" dalam konteks berbeda bisa digunakan dalam sebuah perdebatan bahkan untuk menghina seseorang.

Saat menyapa penumpang pria itu dengan sapaan "habibi", Khaled menilai si pramugari sudah berbuat genit dan ingin menggoda penumpang itu.

Kepada harian Sabq, Khaled mengatakan, pramugari Saudi Airlines itu melanggar aturan, budaya, dan tradisi.

Dia juga menganggap si pramugari tidak menghargai penumpang lain dan keluarganya di dalam pesawat tersebut.

Oleh karena itu, Khaleed dan seorang penumpang lainnya yang kebetulan seorang polisi, berinisiatif untuk menasihati si pramugari.

Namun, pramugari itu menanggapi nasihat kedua penumpangnya dengan emosi. Dia kemudian meminta petugas keamanan untuk mengusir Khaleed dan si polisi yang menasihatinya, keluar dari dalam pesawat terbang.

Akibat insiden itu, penerbangan Saudi Airlines dari Riyadh ke Jeddah tertunda hingga satu jam. Kasus ini masih dalam penyelidikan Biro Penyelidikan dan Penuntutan Publik Arab Saudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Al Arabiya
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.