Kompas.com - 28/07/2013, 04:28 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Sabtu (27/7/2013) sore waktu setempat, menyatakan keprihatinan mendalam terkait bentrokan berdarah di Kairo yang menewaskan sedikitnya 65 orang.

Kerry juga menyerukan digelarnya penyelidikan independen untuk mengetahui musabab insiden berdarah tersebut. Dia juga mendesak para pemimpin Mesir untuk segera bertindak menyelamatkan negeri mereka dari kehancuran.

"Saat ini adalah sebuah saat-saat menentukan untuk Mesir," kata Kerry.

"Dua tahun lalu, sebuah revolusi dimulai. Keputusan akhirnya belum diperoleh, namun hasil revolusi itu akan sangat dipengaruhi apa yang terjadi hari ini," lanjut Kerry.

Kerry menambahkan, dalam masa-masa rawan seperti ini, pemerintah Mesir memiliki kewajiban moral dan legal untuk tetap menghormati hak berunjuk rasa damai dan kebebasan berekspresi.

"Kekerasan tak hanya akan membawa kemunduran dalam upaya rekonsiliasi dan demokratisasi Mesir namun juga membawa dampak negatif terhadap stabilitas kawasan," papar Kerry.

Kerry mengatakan, dia menyampaikan keprihatinan pemerintah AS ini kepada Wakil Presiden Mohamed ElBaradei lewat saluran telepon. Dia juga menyampaikan hal yang sama kepada Menlu Mesir Nabil Fahmy dan Perwakilan Komisi Tinggi Uni Eropa Catherine Ashton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.