Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Tewas Rusuh Mesir Jadi 38 Orang

Kompas.com - 27/07/2013, 15:50 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Data terkini menunjukkan jumlah korban tewas rusuh semalaman sejak kemarin di Mesir mencapai 38 orang. Menurut warta MENA pada Sabtu (27/7/2013), jumlah korban ini diperoleh dari pihak rumah-rumah sakit di sekitar Kairo.

Rusuh Mesir memang terkait dengan dilengserkannya Presiden Muhammad Mursi oleh pihak militer. Lantaran itulah, protes antara pendukung Mursi, kelompok Ikhwanul Muslim, versus penentangnya kembali meruyak.

Dokter Yehia Mikia, di rumah sakit dekat Masjid Rabaah al-Adawiyah, timur Kairo, mengatakan bahwa kebanyakan korban tewas dan luka akibat terkena tembakan senjata. "Banyak yang ditemukan tewas di dekat instalasi militer di dekat masjid itu," katanya.

Namun demikian, pihak keamanan mengatakan, dalam upaya menghalau pengunjuk rasa, hanya menggunakan gas air mata.

Data terkumpul menunjukkan, sejak kekisruhan marak kembali di Mesir, tercatat 180 orang tewas. Pihak pendukung dan penentang Mursi masih saling menyalahkan sebagai pemicu bentrokan kala unjuk rasa, khususnya di Kairo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com