Kompas.com - 17/07/2013, 22:36 WIB
|
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Pemerintah Inggris, Rabu (17/7/2013), secara resmi mengizinkan perkawinan sesama jenis setelah Ratu Elizabeth II memberikan restu berupa cap kerajaan atas rancangan undang-undang pernikahan sesama jenis.

Persetujuan ini memungkinkan perkawinan sesama jenis pertama di Inggris digelar pada musim panas mendatang.

Para anggota parlemen bersorak saat Ketua Parlemen John Bercow mengumumkan Ratu sudah memberikan persetujuannya.

Persetujuan ini diperoleh setelah parlemen Inggris dan Wales sebelumnya menerima RUU yang memperbolehkan perkawinan sejenis ini.

Persetujuan Ratu Elizabeth II merupakan langkah formal terakhir yang diperlukan bagi sebuah RUU di Inggris untuk menjadi undang-undang.

Undang-undang ini memungkinkan pasangan sejenis menikah baik di catatan sipil maupun secara agama, baik di Inggris maupun di Wales.

Persetujuan ini membuat lembaga keagamaan prihatin. Gereja Anglikan Inggris yang merupakan agama resmi negara melarang seremonial perkawinan ini.

Undang-undang ini juga memungkinkan pasangan sesama jenis, yang sebelumnya sudah berhubungan secara sipil, "meningkatkan" hubungan mereka ke arah perkawinan.

Pemerintah Inggris mengajukan rancangan undang-undang pernikahan gay ini pada Januari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.