Kompas.com - 16/07/2013, 22:09 WIB
EditorErvan Hardoko

BERLIN, KOMPAS.com — Jumlah pencari suaka di Jerman meningkat pesat yang kebanyakan berasal dari Rusia.

Dalam tahap pertama tahun ini, lebih dari 43.000 orang mendaftar suaka, meningkat 86 persen dari periode yang sama tahun 2012.

Kali ini, kebanyakan mereka berasal dari wilayah Chechnya di Rusia, kata sumber Pemerintah Jerman.

Jumlah ini adalah yang tertinggi sejak tahun 1999 ketika banyak orang meninggalkan Serbia karena perang Kosovo.

"Jumlah para pencari suaka yang datang ke Jerman pada paruh pertama tahun 2013 ini meningkat dua kali lipat," kata Menteri Dalam Negeri Jerman Hans-Peter Friedrich.

Berdasarkan data Kementerian Dalam Negeri Jerman, sebanyak 9.957 pencari orang datang dari Rusia dan mendaftar untuk suaka politik di Jerman.

Sementara sebanyak 4.517 lainnya berasal dari Suriah dan 3.448 orang dari Afganistan.

Rusia berkeras keadaan di Chechnya telah stabil dan sekarang sedang dilakukan "normalisasi" dengan sekutunya di negara ini.

Ribuan orang terbunuh dan ribuan lainnya mengungsi ketika pasukan Rusia menyerbu Chechnya tahun 1999 untuk membasmi gerakan separatis.

Kekuatan pemberontak ini kemudian berhasil memukul mundur tentara Rusia melalui perang gerilya yang sangat menghancurkan Chechnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.