Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Jam Terapung di Laut, Kapten Kapal Pencari Suaka Selamat

Kompas.com - 15/07/2013, 17:29 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Seorang kapten kapal yang melompat ke laut saat kapal pencari suaka yang dinakhodainya tenggelam ditemukan hidup 12 jam kemudian di Samudera Hindia.   

Penumpang kapal yang diselamatkan petugas Pabean Australia akhir pekan lalu telah melaporkan kapten kapal mereka yang melompat ke laut.     

Setelah mendengar keterangan itu, aparat Australia mengirimkan sebuah pesawat terbang dan dua kapal yang dikirim untuk mencari sang kapten di tengah samudera.

Sky News melaporkan, Senin (15/7/2013), sang kapten kapal terlihat dari udara dan kemudian dapat diselamatkan.

"Sebuah pesawat terbang patroli melihat sang kapten yang diperkirakan sudah berada di air selama 12 jam," tutur Kepala Pabean dan Perlindungan Perbatasan Australia, Michael Pezzuloo.

“Ia benar-benar beruntung,” tambah Pezzuloo.

Para penumpang mengatakan, sang kapten sudah menghilang sebelum mereka diselamatkan kapal Angkatan Laut Australia Bathurst, Minggu (14/7/2013).

Juga pada akhir pekan lalu, ditemukan sebuah perahu pencari suaka yang berlayar dalam radius 50 kilometer dari kota Broome di negara bagian Australia Barat.

Perahu yang memuat 84 orang itu kemudian ditarik aparat berwenang ke kota turis tersebut.

Selulruh penumpangnya ditahan untuk pemeriksaan keamanan. Pihak Pabean mengatakan, kapal Angkatan Laut Australia Maitland melihat kapal tersebut sekitar 28 mil laut di bagian timur laut kota Broome pukul 16.15.

Penemuan kapal ini terjadi hanya dua hari setelah pasukan penjaga pantai menghentikan pencarian delapan pencari suaka yang hilang dari sebuah kapal yang tenggelam di dekat Pulau Christmas Jumat pekan lalu.  

Seorang bayi meninggal dalam kecelakaan itu, sedangkan 88 pencari suaka dari Iran, Afganistan, dan Sri Lanka berhasil dibawa ke Pulau Christmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com