Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai sebagai Negara Terburuk Perangi Perdagangan Manusia, China Kecam AS

Kompas.com - 20/06/2013, 16:34 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber
BEIJING, KOMPAS.com — China dan Rusia, Kamis (20/6/2013), mengecam Amerika Serikat yang menuding kedua negara ini gagal dalam memerangi perdagangan manusia. Langkah AS ini bisa memicu sanksi internasional untuk China dan Rusia.

"Kami yakin AS harus memandang secara obyektif dan imparsial terhadap upaya China (memerangi perdagangan manusia) dan berhenti membuat unilateral atau penghakiman sewenang-wenang atas China," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, di Beijing.

"Pemerintah China sudah melakukan upaya tanpa lelah memerangi semua jenis kejahatan, khususnya perdagangan manusia," tambah Chunying.

Sebelumnya, pada Rabu (19/6/2013), Pemerintah AS menempatkan China, Rusia, dan Uzbekistan menjadi negara paling buruk dalam upaya memberantas perdagangan manusia.

Selama ini, ketiga negara tersebut berada di level kedua daftar pengawasan negara-negara yang dianggap kurang sukses memberantas perdagangan manusia.

Namun, di bawah undang-undang 2008, ketiga negara ini tak bisa lagi menempati level kedua daftar pengawasan. Mereka harus "naik kelas" atau turun ke level ketiga.

Jika mereka turun ke level ketiga, maka hal itu akan berdampak terhadap pemutusan bantuan non-kemanusiaan dan non-perdagangan dari Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com