Salin Artikel

Suriah Kecam Trump yang Akui Dataran Tinggi Golan sebagai Wilayah Israel

Sumber dari kementerian luar negeri kepada SANA via AFP Jumat (22/3/2019) mereka mengecam ucapan yang dilontarkan Trump melalui Twitter.

Pejabat anonim itu mengatakan, ucapan yang keluar dari presiden 72 tahun itu sebagai bentuk ketidakpatuhan terhadap hukum internasional.

"Posisi AS terhadap Golan jelas merupakan penghinaan terhadap legitimasi internasional dan pelanggaran mencolok terhadap hukum," jelas sumber itu.

Pernyataan itu, lanjut si sumber, menunjukkan bias buta Washington terhadap pendudukan pasukan Israel, dan dukungan berkelanjutkan bagi agrsi mereka.

Pejabat itu menuduh AS sengaja memanaskan situasi dan mengancam stabilitas internasional, dan mendesak dunia untuk menentang klaim itu.

"Pernyataan yang diucapkan Presiden AS dan pemerintahannya tak akan mengubah fakta Golan selamanya menjadi kepunyaan Suriah dan Arab," tegas sumber itu.

Selain Suriah, kecaman juga datang dari Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit yang berkata, pengakuan Trump tidak sesuai dengan hukum internasional.

"Pengakuan tersebut tidak saja mempunyai hak. Namun tidak ada kewajiban yang mengikat serta kurang landasan hukumnya," jelas Gheit pada Senin (18/3/2019).

Sebelumnya, Trump dalam kicauannya menyatakan sudah saatnya bagi AS untuk mengakui kedaulatan Israel atas Golan setelah 52 tahun lamanya.

Presiden ke-45 AS iut menyebut Golan sebagai kawasan yang sangat strategis dan penting bagi keamanan Israel maupun stabilitas regional.

Pengakuan Trump itu mendapat sambutan hangat dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menyebut Iran menggunakan Suriah sebagai wadah menghancurkan Tel Aviv.

https://internasional.kompas.com/read/2019/03/22/15521051/suriah-kecam-trump-yang-akui-dataran-tinggi-golan-sebagai-wilayah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke