Salin Artikel

Korea Selatan Pertimbangkan Tangguhkan Latihan Militer dengan AS

Pemerintah Korsel mengaku tidak keberatan melakukan penangguhan tersebut demi mendukung upaya terwujudnya denuklirisasi Korea Utara.

Kantor Kepresidenan Seoul tengah mempertimbangkan berbagai langkah yang bisa dilakukan untuk mempromosikan diskusi antara AS dengan Korea Utara demi perdamaian dan stabilitas di kawasan itu.

"Tapi sebelumnya kami masih harus mencari tahu terlebih dahulu dan memastikan maksud perkataan Presiden Trump yang sebenarnya saat berkomentar seusai pertemuannya dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un," kata Juru Bicara Kantor Kepresidenan Korsel, Kim Eu-kyeom dilansir Kyodo News.

Trump, dalam konferensi pers usai pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Selasa (12/6/2018), di Singapura, mengatakan rencana untuk menghentikan latihan perangnya dengan Korsel selama Korea Utara melanjutkan denuklirisasi.

"Dalam kondisi bahwa kami harus menegosiasikan perjanjian yang sangat komprehensif dan lengkap, saya pikir tidak pantas untuk melakukan latihan perang," kata Trump kala itu.

Trump menambahkan, salah satu alasan penangguhan latihan militernya dengan Korsel adalah untuk menghemat biaya karena dana untuk mengadakan pertemuan sangatlah mahal.

Wacana penangguhan latihan perang tersebut muncul setelah Korea Utara mengecam program yang juga disebut dengan latihan invasi tersebut.

AS dan Korea Selatan membantah tuduhan itu dan menyebut latihan yang berlangsung hingga dua pekan terakhir bulan lalu itu sebagai tindakan latihan pertahanan semata.

Rencana penangguhan latihan militer itu mendapat dukungan dari China sebagai sekutu kuat Korea Utara dan mendesak Pyongyang menangguhkan program nuklir dan misilnya sebagai imbalan.

https://internasional.kompas.com/read/2018/06/14/07270051/korea-selatan-pertimbangkan-tangguhkan-latihan-militer-dengan-as

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke