Salin Artikel

Ketika Menteri Susi Nyanyi "Suwe Ora Jamu" di "Pentas Eropa" ...

Tak cuma di Tanah Air, kali ini Menteri Kelautan dan Perikanan itu menunjukkan kebolehannya di "pentas dunia".

Menteri Susi yang kebetulan sedang berada di Roma, Italia, didaulat maju ke atas panggung oleh warga Indonesia yang tinggal di Milan, Betty Bariati.

Betty mengundang Susi untuk menyanyikan lagu Jawa, "Suwe Ora Jamu". Pertunjukan spontan ini pun disambut meriah.

Baca: Menteri Susi Jadikan Lukisan Mural Wajahnya Sebagai Tambahan Motivasi

Pemandangan itu terjadi di sela acara Resepsi Diplomatik memperingati HUT RI ke-72 di Roma, Rabu (27/9/2017) kemarin.

Susi Pudjiastuti yang kebetulan tengah berada di Roma untuk mengikuti pertemuan multilateral mengenai isu kelautan, juga menyempatkan diri untuk hadir dalam acara.

Dia berada di antara 400 tamu kehormatan dan undangan yang terdiri dari anggota korps diplomatik dan mitra kerja KBRI Roma.

Anggota DK PBB

Sebelumnya, dalam pembukaan acara, Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani sempat mengatakan, Indonesia dan Italia akan terus mempererat kerja sama dalam mengupayakan perdamaian dunia.

Untuk itu, melalui Esti, Indonesia mohon dukungan Italia dalam pencalonan RI sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB tahun 2019-2020.

“Keharmonisan hidup di tengah masyarakat dengan beragam latar belakang budaya dan keyakinan, menjadikan Indonesia sebagai negara yang patut dihormati."

"Italia, sebagai pendiri dan pendukung Uni Eropa, juga mengapresiasi peran Indonesia yang senantiasa berkomitmen untuk aktif menjadi motor penggerak di ASEAN, sekaligus mengupayakan solusi permasalahan global."

Pandangan itu diutarakan Wakil Menteri Luar Negeri Italia, Benedetto della Vedova, dalam sambutannya.

Berbagai pertunjukan seni budaya Indonesia yang ditampilkan juga memperoleh sambutan hangat.

Permainan gitar klasik dari gitaris Italia, Giordano Passini, dengan lantunan musik Bali yang dibawakan Gamelan Gong Cenik berpadu harmonis dengan suara merdu Betty Bariati.

Sedangkan Enrico Masseroli, warga negara Italia yang menekuni seni budaya Bali, menarikan Tari Baris dan Tari Jauk Manis lengkap dengan topeng khasnya.

Tak ketinggalan, parade busana batik dengan desain kontemporer koleksi Batik Chic Gallery dari Jakarta yang diperagakan baik oleh model-model setempat, maupun Indonesia.

Baca: Gadis-gadis Model Berbatik Cantik, Pukau Warga San Polo D?Enza

Selain itu, ada kumpulan dokumentasi tentang Indonesia dari fotografer Italia, Giuseppe Bigliardi, yang dipasang di seluruh sudut ruang acara.

Dalam siaran pers KBRI Roma disebutkan, sajian khas Indonesia turut menambah hangat suasana acara. 

Meskipun pada malam yang sama tengah dilaksanakan resepsi peringatan hari nasional dari beberapa negara lain, banyak yang tidak beranjak, bahkan tinggal hingga acara selesai.

“Saya selalu senang hadir dalam resepsi peringatan hari nasional Indonesia, karena acara bukan hanya bersifat seremonial belaka, namun juga selalu hadir pertunjukan seni budaya Indonesia dengan pesan yang kuat.”

Kalimat itu meluncur dari mulut Thomas Seeds, diplomat dari Kedutaan Besar Inggris di Roma.

Perpaduan karya antara seniman Indonesia dan Italia dalam acara yang diberi tema “Indonesia: La vita a colori – Una collaborazione per la pace"  (Indonesia: Kehidupan dalam ragam warna– Sebuah kolaborasi bagi perdamaian dunia).

Acara ini sengaja dalam rangka menegaskan harmonisnya kehidupan masyarakat kedua negara hingga bermuara pada kerja sama di berbagai bidang.

Latar belakang video kampanye Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan PBB, yang menampilkan dokumentasi upaya Indonesia untuk turut aktif menjaga perdamaian dunia, sukses menciptakan suasana meriah nan akrab.

https://internasional.kompas.com/read/2017/09/28/15320101/ketika-menteri-susi-nyanyi-suwe-ora-jamu-di-pentas-eropa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke