Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Tim Sepak Bola Jatuh di Kolombia, Korban Tewas Jadi 76 Orang

Kompas.com - 29/11/2016, 17:30 WIB

BOGOTA, KOMPAS.com — Polisi Kolombia, Selasa (29/11/2016), menjelaskan, korban tewas akibat pesawat yang mengangkut 81 orang telah mencapai 76 orang dan hanya lima orang yang selamat.

"Kami semula mengevakuasi enam korban selamat, tetapi seorang di antaranya meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit," kata Kepala Polisi Jose Gerardo Acevedo kepada wartawan.

Pesawat trayek pendek (short-haul) British Aerospace, yang membawa 72 penumpang, termasuk tim sepak bola Brasil, dan sembilan kru itu, dioperasikan oleh maskapai penerbangan carter LAMIA.

Sesaat sebelum kecelakaan, pilot melaporkan keadaan darurat karena kegagalan sistem listrik pada pesawat. Demikian pernyataan otoritas penerbangan Kolombia.

Informasi itu disampaikan oleh asosiasi penerbangan sipil Kolombia, Selasa (29/11/2016). Pesawat naas itu jatuh pada Senin (28/11/2016) pukul 22.15 waktu setempat.

Tim sepak bola Chapecoense, Brasil, berada di pesawat itu. Pesawat terbang dari Bandara Viru Viru di Santa Cruz, Bolivia, dan seharusnya mendarat di Bandara Jose Maria Cordova, Medellin, Kolombia.

Namun, pesawat itu "telah jatuh". Demikian kata Mauricio Parodi, Direktur Manajemen Bencana Provinsi Antioquia, Kolombia, kepada wartawan.

Menurut Parodi, regu penyelamat yang terdiri dari petugas pemadam kebakaran hingga pejabat manajemen bencana telah dikerahkan ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

Otoritas Bandara Jose Maria Cordova di Medellin, di mana pesawat itu seharusnya mendarat, mengatakan, cuaca buruk membuat lokasi kecelakaan hanya dapat diakses melalui jalan darat

Petugas bandara mengatakan, pesawat itu mengangkut tim sepak bola Brasil, yang sedianya akan bermain melawan tim Atletico Nacional Medellin pada laga final Sudamericana, Rabu (30/11/2016).

Laga Sudamericana setara dengan Liga Eropa. Chapecoense adalah klub terbesar ke-21 di Brasil dalam hal pendapatan pada tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com