Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telan Seekor Kijang, Ular Piton Sepanjang 7 Meter Mati

Kompas.com - 23/09/2016, 16:14 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Makan berlebihan memang tak baik bagi kesehatan, setidaknya itulah yang menimpa seekor ular piton besar di taman nasional Gir, Gujarat, India.

Seekor ular piton sepanjang sekitar 7 meter terlihat mencoba merayap dengan susah payah sementara perutnya membesar tak normal.

Ternyata, ular itu baru saja menelan seekor kijang beberapa menit sebelumnya. Namun, hewan melata itu tak sadar mangsanya terlalu besar untuk ditelan.

Setelah menelan kijang itu, sang ular nyaris tak bisa bergerak karena ukuran mangsa yang ada di dalam perutnya. Beberapa saat kemudian, ular itu mati.

Penampakan ular piton raksasa itu menarik perhatian warga desa Baliavad yang berada tak jauh dari taman nasional.

"Saya menemukan ular itu tergeletak di jalan. Dia berjuang untuk mencerna hewan yang ditelannya," kata Sunil Kumar (28) warga desa Baliavad.

"Ini adalah salah satu peristiwa luar biasa yang saya pernah saksikan. Ular piton itu sangat besar," tambah Kumar.

Insiden itu baru pertama kali terjadi di desa tersebut tetapi langsung memicu kekhawatiran di antara pakar ular di India.

"Petugas kehutanan segera pergi ke lokasi setelah menerima laporan. Ular itu mati karena luka dalam akibat menelan kijang tersebut," kata wakil kepala badan konservasi setempat, R Senthilkumaran.

Ular piton memang biasa menelan mangsanya bulat-bulat dan membutuhkan beberapa hari bahkan pekan untuk benar-benar mencerna mangsanya.

Ular ini juga dikenal kerap memangsa hewan yang berukuran lebih besar. Setelah memangsa, seekor ular piton bisa tak makan selama beberapa pekan hingga bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com