Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Serahkan 10.000 Pucuk AK-47 untuk Afganistan

Kompas.com - 24/02/2016, 19:56 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Pemerintah Rusia mengirim 10.000 pucuk senapan serbu Kalashnikov untuk pemerintah Afganistan, Rabu (24/2/2016), untuk "memerangi" terorisme.

Pengiriman senapan legendaris itu dilakukan sehari setelah Kabul menjadi tuan rumah pembicaraan damai dengan kelompok Taliban.

Penyerahan senapan serbu itu, dilakukan dengan sebuah upacara di landas pacu pangkalan militer Kabul.

Penasihat keamanan Presiden Afganistan, Hanif Atmar mengatakan, ribuan pucuk senapan serbu itu akan segera diserahkan kepada militer.

"Kami mencoba untuk melanjutkan upaya kami menegakkan perdamaian, namun untuk sementara ini negara kami harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri," kata Atmar.

Atmar menambahkan, terorisme internasional di Afganistan merupakan ancaman tak hanya untuk negeri itu dan kawasan namun juga untuk Rusia yang adalah teman Afganistan.

Meski selama 14 tahun Washington telah mengucurkan anggaran sebesar 60 miliar dollar AS untuk mempersenjatai dan melatih pasukan Afganistan, namun negeri itu masih berjuang keras untuk mengatasi perlawanan Taliban.

Kabul berusaha untuk menggelar kembali pembicaraan damai dengan kelompok-kelompok militan yang terbengkalai setelah pembicaraan dengan AS, China dan Pakistan pada Selasa (23/2/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com