Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suriah Membara, Rusia Teruskan Serangan

Kompas.com - 10/12/2015, 15:38 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Rusia untuk pertama kalinya meluncurkan peluru kendali dari kapal selamnya yang ditempatkan di Laut Tengah.

Demikian keterangan dari Moskwa. Di samping itu, pejabat pemerintahan juga memberikan keterangan bahwa mereka telah berhasil menemukan black box (kotak hitam) dari jet tempur Rusia yang ditembak Turki pada bulan lalu.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan, serangan pada Selasa (8/12/2015) dilancarkan atas 300 sasaran di wilayah Suriah.

Peluru kendali ditembakkan dari kapal selam Rostov-on-Don. Dia menyatakan, serangan tersebut sukses.

Dua pusat komando Islamic State (IS) di sekitar kota Raqqa juga dihancurkan. Demikian keterangan selanjutnya dari Departemen Pertahanan.

Presiden Vladimir Putin mengatakan, peluru kendali yang ditembakkan juga mampu mengangkut kepala nuklir. Namun, ia berharap, itu tidak akan diperlukan dalam perang terhadap teror.

Rusia juga menyatakan telah memberikan informasi kepada Washington tentang serangan mereka.

Pemerintah AS membenarkan hal itu dan mengatakan menghargai langkah Rusia karena Rusia sebenarnya tidak dituntut untuk memberikan informasi dalam persetujuan dengan AS.

AS memimpin koalisi dari sekitar 60 negara yang berupaya mengenyahkan ISIS dari Irak dan Suriah.

Moskwa yang bersekutu dengan Presiden Suriah Bashar al Assad mulai melancarkan serangan terhadap ISIS di Suriah pada 30 September lalu, setelah sebuah pesawat penumpang Rusia menjadi sasaran serangan teror di Mesir. Sebanyak 244 orang tewas dalam serangan itu.

Sejak Sabtu lalu, Moskwa menyatakan, pihaknya telah menjatuhkan 1.920 bom dan menghancurkan 70 pusat komando ISIS, 21 lokasi latihan, dan 43 gudang senjata milik ISIS.

Oposisi Suriah

Lebih dari 100 oposisi Suriah berkumpul di Arab Saudi, Rabu (9/12/2015). Pertemuan itu bertujuan untuk membentuk visi bersama untuk masa depan Suriah, juga untuk membentuk komite bersama yang akan mewakili seluruh oposisi pada masa depan.

Demikian keterangan Diaa al Husseini, seorang anggota Koalisi Nasional Suriah. Ia mengatakan, pertemuan putaran pertama sudah dimulai di Riyadh.

Sebanyak 16 orang yang hadir juga mewakili kelompok-kelompok bersenjata di Suriah, termasuk yang berhaluan Islam garis keras yang juga jadi dua kekuatan pemberontak terbesar, Army of Islam dan Ahrar al Sham.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com