Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Chad Klaim Tewaskan 200 Anggota Boko Haram

Kompas.com - 04/02/2015, 17:50 WIB
GAMBORU, KOMPAS.com - Tentara Chad, Rabu (4/2/2015) mengklaim telah mengakibatkan kerugian besar untuk Boko Haram dengan menewaskan lebih dari 200 anggota kelompok militan itu dalam pertempuran memperebutkan kota perbatasan Gamboru.

Selain itu, sembilan tentara Chad juga tewas dan 21 orang lainnya terluka dalam pertempuran selama Selasa (3/2/2015), di saat pasukan regional untuk pertama kalinya mulai terlibat dalam pertempuran melawan Boko Haram di wilayah Nigeria.

"Jumlah korban ini masih bersifat sementara. Pasukan kami masih menyisir kota perbatasan Nigeria-Kamerun untuk mencari elemen pemberontak yang masih tersisa," demikian pernyataan resmi angkatan darat Chad.

Seorang jurnalis AFP melaporkan, suara tembakan senapan serbu otomatis masih terdengar sepanjang Rabu di kota Gamboru yang ditinggalkan penduduknya setelah angkatan udara Chad menggelar serangan untuk mengawali serangan darat.

Saat operasi militer di Gamboru masih berlangsung, di kota Fotokol, Kamerun pasukan Boko Haram masih menggelar serangan terhadap kota tersebut.

Namun, pasukan Kamerun berhasil memukul mundur Boko Haram ketika hari menjelang siang setelah pasukan Chad melintasi perbatasan untuk ikut mempertahankan kota Fotokol.

Sebanyak 2.000 personel militer Chad yang didukung puluhan kendaraan lapis baja melintasi perbatasan Nigeria menuju kota Gamboru setelah Uni Afrika menyerukan pembentukan tentara regional untuk memerangi ekstremisme Boko Haram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com