Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Bersenjata Serang Tambang di Kenya, 36 Tewas

Kompas.com - 02/12/2014, 13:22 WIB
NAIROBI, KOMPAS.com - Sedikitnya 36 orang tewas setelah sekelompok orang bersenjata menyerang sebuah tambang di timur laut Kenya. Demikian pernyataan Palang Merah, Selasa (2/12/2014).

Insiden pada Senin malam itu terjadi sekitar 15 kilometer dari kota pedalaman Mandera dan tak jauh dari perbatasan dengan Somalia yang sebagian wilayahnya dikuasai kelompok militan Al-Shabab.

Penyerangan tambang itu menyusul serangan terpisah di kota Wajir yang mengakibatkan satu orang tewas dan 12 orang terluka. Di kota itu, kelompok penyerang menembaki dan melempari sebuah bar dengan granat.

Sejauh ini belum ada satu kelompokpun yang menyatakan bertanggung jabwa atas serangan di kota Mandera dan Wajir.

Akibat serangan ini, sejumlah serikat pekerja memperingatkan anggotanya untuk meninggalkan kawasan timur laut yang bergolak hingga pemerintah bisa menjamin keamanan kawasan itu.

Kenya kerap menderita serangan berdarah sejak mengirimkan pasukannya ke Somalia pada 2011 untuk memerangi Al-Shabab. Saat ini pasukan Somalia bergabung dengan pasukan Uni Eropa yang membantu pemerintah Somalia menumpas kelompok-kelompok militan negeri itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com