Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Pakistan Gelar Serangan Darat ke Wilayah Taliban

Kompas.com - 30/06/2014, 16:16 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com - Angkatan bersenjata Pakistan mulai menggelar serangan darat di Waziristan Utara, Senin (30/6/2014), menandai fase baru operasi militer menghadapi kelompok Taliban.

Pasukan Pakistan bergerak menuju Miranshah, kota terbesar di Waziristan Utara pada pukul 09.30 waktu setempat setelah selama dua pekan kawasan yang dikuasai Taliban dihamtam serangan udara dan artileri.

Sejumlah pejabat keamanan di Miranshah mengatakan pasukan darat Pakistan bergerak setelah sebelumnya selama enam jam wilayah Taliban dihujani tembakan artileri.

"Militer menggunakan tank dan kendaraan lapis baja lainnya untuk mendukung serangan darat. Mereka juga mengambil alih sebuar rumah sakit di Miranshah dan menghancurkan empat basis militan dengan tembakan artileri," kata pejabat tersebut.

Sementara itu, sebuah pernyataan resmi militer mengatakan serangan darat digelar setelah penduduk sipil di wilayah yang akan diserang dievakuasi dan pasukan infantri melakukan pencarian dari rumah ke rumah.

Sejauh ini pasukan Pakistan sudah menewaskan 15 orang anggota militan dalam serangan darat itu, sementara tiga orang prajurit terluka dalam baku tembak.

Menurut data militer Pakistan sejak operasi militer membasmi Taliban dimulai pada 15 Juni lalu, sebanyak 376 anggota Taliban tewas dan 19 orang lainnya menyerang. Sementara 17 orang prajurit Pakistan juga tewas.

Pada Sabtu (28/6/2014), militer Pakistan mengatakan seorang pemimpin senior Taliban Pakistan tewas dan seorang komandan Al-Qaeda ditangkap saat mencoba melarikan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com