Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Operasi Navy SEAL di Somalia Simpang Siur

Kompas.com - 07/10/2013, 21:04 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Seorang pejabat Pemerintah Amerika Serikat mengatakan, target serangan pasukan Navy SEAL di Somalia pada Sabtu (5/10/2013) adalah seorang pria Kenya bernama Abdulkadir Mohamed Abdulkadir alias Ikrima.

Dokumen intelijen Kenya menyebut Ikrima dalam serangan ke pusat perbelanjaan Westgate, Nairobi, yang menewaskan lebih dari 60 orang itu.

Namun, dokumen itu menyebut sasaran Ikrima bukan hanya pusat perbelanjaan Westgate. Dia juga mengincar gedung parlemen Kenya dan kantor PBB di Nairobi. Sasaran lain adalah rumah makan Etiopia yang kerap disambangi para pejabat Somalia.

Sejauh ini belum diperoleh informasi terkait hasil penyerbuan Navy SEAL di kota pesisir Barawe, di sebelah selatan ibu kota Somalia, Mogadishu.

Sejumlah pejabat AS menyebut penyerbuan itu berhasil menangkap Ikrima. Namun, sejumlah sumber lain menyebut pasukan SEAL gagal menangkap atau membunuh Ikrima.

Pasukan khusus AS itu mendapatkan perlawanan sengit dari militan Al Shabab sehingga membuat mereka harus mundur demi menghindari korban warga sipil. Demikian dikabarkan sejumlah media Amerika.

Kelompok Al Shabab kemudian menyebut mereka berhasil memukul mundur pasukan AS dan merilis foto yang diklaim sebagai peralatan militer AS yang tertinggal.

"Para mujahidin berhasil menggagalkan serangan mereka dan kami mengejar mereka hingga ke pantai. Kami menewaskan satu perwira kulit putih dan melukai setidaknya dua yang lain," kata seorang juru bicara Al Shabab, seperti dikutip All Africa.com.

Kota Barawe diyakini sebagai kota yang dianggap sebagai pusat pertemuan anggota kelompok Al Shabab yang memerangi Pemerintah Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com