Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2019, 14:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping melakukan sikap langka dengan memberi penghormatan di makam Mao Zedong jelang peringatan 70 tahun pemerintahan komunis.

Xi dan sejumlah pejabat lain mengunjungi mausoleum Mao, terletak di pusat Lapangan Tiananmen, dan membungkuk sebanyak tiga kali.

Baca juga: Utusan Presiden China Senang Bisa Bertemu Presiden Jokowi

Presiden China 66 tahun itu juga memberi penghormatan di depan jenazah Mao Zedong, pendiri China modern, yang dibalsem dan dibaringkan di ruangan tengah.

Dilaporkan Xinhua via AFP Senin (30/9/2019), aksi Xi Jinping itu terbilang langka. Sebab kali terakhir dia melakukannya adalah enam tahun silam, saat peringatan ulang tahun ke-120 Mao.

Pada peringatan 70 tahun pemerintahan komunis Selasa (1/10/2019), China bakal menggelar parade militer besar-besaran, dan melepas 70.000 merpati.

Perayaan itu sekaligus menunjukkan China sudah berubah dari negara yang dulunya dilanda perang dan kelaparan, menjadi negara makmur yang kekuatan ekonomi dan militernya diperhitungkan.

Meski begitu perayaan tahun ini juga menjadi tantangan bagi Xi. Antara lain perang dagang negaranya dengan Amerika Serikat (AS).

Belum lagi demonstrasi pro-demokrasi yang melanda Hong Kong sejak Juni, di mana demonstran kerap terlibat bentrok dengan polisi.

Aktisi demokrasi Hong Kong sudah berjanji bakal meningkatkan aksi mereka jelang peringatan yang mereka sebut "Hari Duka".

Pada Senin pagi, Xi dan petinggi Partai Komunis juga menggelar peletakan karangan bunga bagi para pahlawan di Lapangan Tiananmen.

Paduan suara anak-anak yang mengenakan syal merah dan pakaian putih melantunkan pujian sebelum Xi Jinping datang ke Monumen Pahlawan Rakyat.

"Bangsa yang menjanjikan haruslah mempunyai pahlawan, dan negara dengan masa depan menjanjikan haruslah punya pionir," ujar Xi dikutip CCTV.

Baca juga: Airlangga Sebut Golkar Akan Lakukan Studi Banding ke Partai Komunis China

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com