Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima PM Finlandia, Kanselir Jerman Bergetar untuk Ketiga Kalinya

Kompas.com - 10/07/2019, 22:40 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

BERLIN, KOMPAS.com - Kanselir Jerman Angela Merkel dilaporkan kembali bergetar ketika menerima kunjungan Perdana Menteri Finlandia Antti Rinne di Berlin.

Diwartakan Sky News Rabu (10/7/2019), tubuh Merkel bergetar ketika mendengarkan band militer yang memainkan lagu kebangsaan dua negara dalam upacara penyambutan.

Baca juga: Terima Kunjungan Presiden Ukraina, Kanselir Jerman Kejang-kejang

Dalam konferensi pers selepas insiden, pemimpin perempuan berpengaruh di Eropa itu menegaskan dirinya tidak apa-apa. "Orang-orang harusnya berhenti mencemaskan saya," tegasnya.

Meski begitu, peristiwa saat menerima lawatan Rinne merupakan kali ketiga Merkel mengalami kejang-kejang dalam waktu kurang dari satu bulan terakhir.

Insiden pertama adalah ketika Merkel bergetar hebat tatkala Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berkunjung ke Berlin 18 Juni lalu. Namun saat itu, dia mengaku membaik setelah minum air putih.

Kanselir berusia 64 tahun itu kembali bergetar saat bertemu Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier pada 27 Juni. Tapi dia bersikeras baik-baik saja.

Juru bicaranya kemudian mengonfirmasi Merkel sudah pulih sepenuhnya dan bertolak ke Osaka, Jepang, untuk menghadiri pertemuan pemimpin G20 28-29 Juni.

Selepas dari Osaka, Merkel berangkat ke Brussels, Belgia, dan melangsungkan perundingan melelahkan selama tiga hari untuk menentukan posisi di Uni Eropa.

Di masa lalu, Merkel sempat melontarkan candaan dia bisa menjadi "unta". Yakni bisa bekerja meski tidur kurang asalkan di akhir pekan, dia mendapatkan istirahat cukup.

Merkel sudah berkuasa di Jerman selama 14 tahun. Pada tahun lalu, dia mengumumkan bakal mundur begitu jabatannya sebagai kanselir usai 2021 mendatang.

Kanselir yang dikenal karena etika bekerjanya yang luar biasa dilaporkan tidak mempunyai masalah kesehatan serius.

Baca juga: Kanselir Jerman Kembali Terekam Alami Kejang Saat Hadiri Acara Resmi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com