Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Situs Resmi Kerajaan Inggris Salah Sebut Orangtua Bayi Archie

Kompas.com - 09/05/2019, 11:51 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Situs resmi Kerajaan Inggris dilaporkan membuat kesalahan ketika memperkenalkan putra Pangeran Harry dan Meghan Markle yang lahir Senin (6/5/2019).

Kesalahan, sebagaimana diwartakan Sky News Rabu (8/5/2019), terjadi setelah nama bayi yang baru lahir itu diumumkan: Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Baca juga: Dinanti Publik, Inilah Nama Putra Pangeran Harry dan Meghan Markle

Archie yang merupakan pewaris ketujuh takhta Inggris mendapat laman pribadinya dengan menyertakan foto orangtua mereka ketika memperkenalkannya di Kastil Windsor.

Dalam penjelasan singkat, Archie lahir pada Senin pukul 05.26 waktu setempat dan merupakan anak pertama dari pasangan Duke dan Duchess of Cambridge.

Duke dan Duchess of Cambridge adalah gelar Pangeran William dan Kate Middleton yang merupakan kakak Pangeran Harry sekaligus paman serta bibi Archie.

Adapun gelar resmi Pangeran Harry dan Meghan Markle adalah Duke serta Duchess of Sussex. Beberapa menit kemudian, kalimat itu diperbaiki dengan menyertakan orangtua Archie sebenarnya.

"Archie jelas melewatkan peluangnya jadi pewaris ketiga jika dia adalah anak pertama Duke dan Duchess of Cambridge," kelakar seorang netizen di Twitter dikutip Daily Mail.

Sorotan pun mengarah kepada kepala komunikasi Pangeran Harry dan Meghan, Sara Latham. Pertama dia terlambat mengumumkan kelahiran si bayi kepada media.

Beberapa saat sebelum pukul 14.00 pada Senin, pernyataan dari istana menyebutkan Meghan bersiap melahirkan dan 40 menit kemudian, Archie pun lahir.

Padahal yang sebenanya, Archie lahir pukul 05.26 pagi. Kepada The Telegraph, Latham berkata keterlambatan tersebut dikarenakan dia gagal mengirim surel.

Archie menjadi cucu keempat Pangeran Charles dan cicit kedelapan Ratu Elizabeth II serta Pangeran Philip. Pangeran Harry dan Meghan memutuskan tak mengikuti tradisi kerajaan.

Di antaranya tidak memberikan gelar resmi kepada Archie. Seharusnya, Archie bisa mendapatkan titel Earl of Dumbarton yang merupakan gelar turunan Pangeran Harry.

Namun ke depannya, Archie hanya akan dipanggil Master Archie Mountbatten-Windsor. Marga terakhir merupakan gabungan dinasti Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip.

Baca juga: Ini Arti Nama Putra Pangeran Harry dan Meghan Markle, Archie Harrison Mountbatten-Windsor

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com