Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyanyi Ini Bawakan 5.000 Lagu Selama 106 Jam untuk Pecahkan Rekor Dunia, Begini Hasilnya

Kompas.com - 12/04/2019, 05:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SANTO DOMINGO, KOMPAS.com - Kenyataan pahit harus diterima seorang penyanyi Republik Dominika Carlos Silver yang berusaha memecahkan rekor dunia versi Guinness.

Pekan lalu, dia berupaya memecahkan rekor yang dipegang penyanyi India Sunil Waghmare pada 2012 yang bernyanyi selama 105 jam beruntun.

Dilansir Oddity Central Kamis (11/4/2019), ini adalah upaya kedua Silver setelah usaha pertama yang dilakukan pada 2016 menuai kegagalan.

Baca juga: Penyanyi Roy Kim Akui Sebar Konten Pornografi

Dalam usaha kedua ini, dia membawakan 5.000 lagu dan setelah tampil selama lima hari berturut-turut, dia menorehkan waktu 106,7 jam.

Tentu catatan waktu itu lebih lama satu jam dibandingkan torehan Waghmare. Namun, panitia Guinness World of Records memutuskan mendiskualifikasi Silver.

Alasannya, dia dianggap telah melanggar peraturan ketika mengambil jeda istirahat dua menit per lagu. Sementara aturan hanya memperbolehkan 30 detik.

"Saya memberi Guinness 6.420 detik lebih lama, dan mereka membatalkannya karena saya beristirahat lebih dari 30 detik," ujar Silver dengan getir.

Dia mengatakan panitia Guinness terlalu kaku dan berujar seharusnya mereka memakluminya karena dia adalah manusia, bukanlah robot.

Dengan mengenakan selang oksigen selepas tampil, Silver mengucapkan terima kasih kepada warga yang hadir di Taman Eugenia Maria de Hostos di Santo Domingo.

Dia menuturkan tidak membutuhkan secarik kertas pengakuan karena baginya, hati masyarakat Republik Dominika sudah cukup memenangkannya.

Meski begitu, dia tidak akan membiarkan upaya pemecahan rekornya hilang begitu saja, dan menyiratkan bakal menuntut di pengadilan.

"Saya membayar 1,5 juta peso (Rp 418 juta) untuk bisa berada di sana. Mereka harus meninjau lagi upaya saya," tegas Silver dikutip CostaVerdeDR.

Selama 106 jam lebih bernyanyi, dia mengaku 50 kali mendapat serangan listrik di otaknya dan menderita dua kali serangan jantung.

Namun dia menahannya karena sudah bertekad memecahkan rekor. Selepas penampilan, suaranya langsung hilang sebelum mendapat pertolongan oksigen.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Marvin Gaye, Penyanyi AS Berjuluk Pangeran Soul

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com