Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Senapan Serbu AK-47 ke Sekolah, Remaja Saudi Ini Ditahan

Kompas.com - 06/02/2019, 17:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Gulf News

RIYADH, KOMPAS.com - Netizen Saudi menyerukan adanya hukuman keras bagi seorang remaja yang dilaporkan ditahan polisi setelah membawa senapan serbu ke sekolah.

Dalam video viral yang diduga diambil menggunakan ponsel, terlihat tiga orang remaja menaiki tangga sekolah dengan cepat.

Baca juga: Gembong Narkoba El Chapo Ingin Beri Anak Perempuannya Senjata AK-47

Diwartakan Gulf News Selasa (5/2/2019), salah satu dari remaja itu membawa senapan AK-47 sembari berbicara dengan temannya.

Juru bicara kepolisian menuturkan, insiden itu terjadi Sabtu (2/2/2019) di sekolah Layla, kota Al Aflaj, sekitar 330 km di selatan Riyadh.

Penegak hukum bergerak setelah mendapat laporan tentang adanya peristiwa tersebut, dan menahan remaja yang dilaporkan berusia 17 tahun itu.

Sesuai dengan hukum yang berlaku di Saudi, remaja yang tak disebutkan identitasnya ini terancam menghuni penjara selama setahun.

Sementara berdasarkan aturan kepemilikan senjata, orang yang senjata perang beserta amunisinya bisa dipenjara hingga 15 tahun.

Para warga Saudi itu menginginkan adanya hukuman lebih keras bagi remaja tersebut sehingga kultur membawa senjata di beberapa tempat bisa dihilangkan.

"Dia seharusnya mendapat cambukan yang sangat banyak sehingga bakal mengingat dan mematuhi hukum yang berlaku," kata blogger bernama Yasser Al Qissi.

Netizen bernama Raghi menyalahkan orang-orang yang masih menjalankan hidup berdasarkan kesukuan, dan tidak berusaha berbaur dalam peradaban.

Sementara warganet lain bernama Patriot menuturkan orangtua yang harus dihukum karena risiko yang ditimbulkan remaja di bawah 18 tahun.

"Perilaku mencolok itu harus dilarang karena merupakan ancaman yang tidak menyenangkan bagi masyarakat," tutur Patriot.

Sementara Abu Mehmas mengatakan otoritas seharusnya tidak memberikan hukuman terlalu keras bagi remaja itu karena masih terlalu muda.

"Pertanyaan terbesarnya adalah di mana petugas sekolah saat remaja itu berkeliaran membawa senjata militer," kritik Mehmas.

Baca juga: Berusia Lebih dari 70 Tahun, Ini 6 Fakta Menarik Senapan AK-47

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com