Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Harus Dioperasi untuk Keluarkan Tusuk Gigi dari Jantungnya

Kompas.com - 06/02/2019, 15:13 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

 NANNING, KOMPAS.com - Seorang pria kawasan selatan China terbilang beruntung setelah dokter mengeluarkan tusuk gigi dari jantungnya.

Pria yang hanya disebut bermarga Zhou menjalani operasi jantung pada 9 Januari lalu di rumah sakit Nanning, Provinsi Guangxi.

Dilansir Oddity Central Selasa (5/2/2019), Zhou mengaku menderita radang paru-paru, demam tinggi, kondisi kesehatannya menurun selama empat tahun terakhir.

Baca juga: Siksa Murid Pakai Tusuk Gigi, 3 Guru TK di China Ditahan Polisi

Awalnya para dokter mengira dia menderita leukemia maupun sepsis, dan membuatnya harus menghabiskan uang hingga 30.000 dollar AS, atau Rp 417,9 juta.

Hingga akhirnya Zhou memutuskan menjalani operasi di mana dokter menemukan penyebab berbagai penyakit itu adalah tusuk gigi.

Para dokter terkejut ketika mereka mengangkat benda sepanjang enam cm yang menyangkut di atrium sebelah kanan jantung Zhou.

Dokter bedah menduga tusuk gigi tajam itu tidak sengaja masuk ke saluran pernapasan Zhou, masuk ke paru-paru kanan, dan tersangkut di jantung.

Kepada Guangxi TV, pria 29 tahun itu mengaku tidak ingat bagaimana tusuk gigi tersebut bisa berakhir di jantungnya.

Namun dokter menyatakan, Zhou mempunyai kebiasaan untuk memasukkan tusuk gigi untuk ke minuman alkohol untuk membedakan miliknya dan teman-temannya.

Malah, Zhou mengakui dia sempat menelan tusuk gigi ketika meminum alkoholnya. Untungnya, tusuk gigi tersebut masih bisa dia ambil.

"Tusuk gigi itu terbawa oleh alkohol di tenggorokan saya dan tersangkut di sana. Untungnya, saya masih bisa mengambilnya menggunakan tangan," kata Zhou.

Dr Wen Zhaohui dari Departemen Bedah Kardiovaskular Rumah Sakit Nanning menjelaskan, kondisi yang dialami Zhaohui sangatlah langka.

Adanya benda asing yang ada di dalam jantung pasien biasanya sangat sulit untuk dideteksi," papar Wen kembali.

Baca juga: Polisi Tangkap Pencuri yang Ganjal Mesin ATM Pakai Tusuk Gigi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com