Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulang Tahun Ke-66, Putin Pilih Berkumpul dengan Orang-orang Terdekat

Kompas.com - 07/10/2018, 22:50 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber TASS

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin telah genap berusia 66 tahun pada Minggu (7/10/2018).

Dia pun dikabarkan menghabiskan hari ulang tahunnya bersama dengan orang-orang terdekatnya. Demikian dikabarkan juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov kepada TASS.

Biasanya, setiap hari ulang tahunnya, Putin akan menerima ucapan dari para pemimpin negara lain melalui telepon.

Disampaikan Peskov, sejumlah pemimpin negara yang telah menghubungi Putin untuk sekadar mengucapkan selamat pada Minggu (7/10/2018), di antaranya ada Presiden Belarusia Alexander Lukashenko, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan Presiden Armenia Armen Sarkissian.

Baca juga: Ini Kamar yang Ditinggali Putin saat Masih Jadi Calon Agen KGB

Ucapan selamat juga datang dari para pejabat negara Rusia, seperti Perdana Menteri sekaligus orang kepercayaan Putin, Dmitry Medvedev yang mengharapkan kesehatan dan kesuksesan sang presiden demi kepentingan Rusia dan rakyatnya.

Putin juga tidak selalu menghabiskan hari ulang tahunnya dengan liburan. Tahun lalu, Putin justru tengah sibuk menghadiri pertemuan darurat dengan anggota Dewan Keamanan Rusia di Sochi saat hari ulang tahunnya.

Pada 2016, Putin sengaja tidak menghadiri acara publik apa pun di hari ulang tahunnya dan setahun sebelumnya dia menghadiri pertandingan liga hoki.

Pada 2014, Putin merayakan hari ulang tahunnya dengan mengambil libur dan terbang ke Siberia.

Kado Ulang Tahun

Perayaan ulang tahun bagi Putin juga banyak ditandai dengan penerimaan hadiah. Namun tahun ini, baru hadiah dari Presiden Republika Srpska, Milorad Dodik yang diketahui diterima Putin.

Dalam pertemuan keduanya di Sochi pekan lalu, setelah menyampaikan ucapan selamat, Dodik memberikan sebuah lencana dengan bendera negara kepada Putin.

Republika Srpska merupakan sebuah negara bekas Bosnia Herzegovina. Bendera negara Republika Srpska mirip dengan bendera Rusia yang terbalik.

Tahun lalu, Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdimuhamedow menghadiahi Putin seekor anjing gembala yang dikenal dengan alabai dan diberi nama Verny yang berarti kesetiaan.

Baca juga: Eks Kepala Intelijen Inggris Menyesal Bantu Putin Jadi Presiden Rusia

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com