Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi Anggota Keluarga Kekaisaran Jepang Menikahi Warga Biasa

Kompas.com - 27/06/2018, 16:21 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Putri Ayako, keponakan Kaisar Akihito, akan menikahi seorang warga biasa pada Oktober mendatang. Demikian diumumkan Badan Rumah Tangga Istana, Selasa (26/6/2018).

Ayako adalah putri bungsu mendiang Pangeran Takamodo dan Putri Hisako. Dia akan menikah dengan Kei Moriya (32), pekerja di perusakaan perkapalan Nippon Yusen KK.

Ayako dan Kei perama kali bertemu pada Desember tahun lalu.

Kantor berita Kyodo mengabarkan, Putri Hisako yang mengenal ayah Kei Moriya selama 40 tahun memperkenalkan pria tersebut kepada Ayako.

Baca juga: Cucu Kaisar Jepang Lepas Status Bangsawan demi Menikahi Warga Biasa

Putri Hisako berharap, dengan mengenal Moriya maka minat  Putri Ayako untuk terlibat dalam aktivitas sosial demi kesejahteraan dunia bisa tumbuh.

Moriya adalah anggota dewan organisasi nirlaba yang membantu akses pendidikan untuk anak-anak di negara-negara berkembang.

Pihak Istana menyebut, pasangan ini akan bertunangan pada 12 Agustus mendatang. Sedangkan upacara pernikahan akan digelar di Kuil Meiji, Tokyo pada 29 Oktober.

Di bawah undang-undang kekaisaran, Ayako akan kehilangan status bangsawannya karena menikahi seorang warga biasa.

Tahun lalu, pihak istana mengumumkan rencana pertunangan Putri Mako, cucu tertua Kaisar Akihito, dengan Kei Komuro juga seorang warga biasa.

Namun, pertunangan itu kemudian ditunda hingga 2020 karena pasangan ini membutuhkan waktu untuk mempersiapkan kehidupan pernikahan.

Setelah Putri Ayako dan Mako menikah, maka jumlah anggota keluarga kekaisaran tinggal 17 orang dengan 12 di antaranya perempuan.

Baca juga: Puteri Kako, Cucu Kaisar Jepang Akihito Lanjutkan Studi ke Inggris

Pada April 2017, sebuah panel pemerintah memberikan peringatan terkait menurunnya jumlah pria penerus tahta Kekaisaran Jepang.

Di bawah undang-undang saat ini, hanya pria yang bisa menduduki jabatan kaisar.

Menurut harian The Japan Times, kini satu-satunya pria anggota keluarga kekaisaran yang belum menikah adalah Pangeran Hisahito yang berusia 11 tahun.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com