Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlibat Skandal, Menkeu Jepang Kembalikan 12 Bulan Gajinya

Kompas.com - 04/06/2018, 20:45 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Jepang Taro Aso, Senin (4/6/2018) mengatakan, dia akan mengembalikan gajinya selama setahun setelah kementeriannya terlibah sebuah skandal.

Kementerian Keuangan Jepang diketahui menghapus semua dokumen publik yang terkait dengan skandal kroniisme yang menjerat PM Shinzo Abe.

Ratusan dokumen yang dihapus itu mengaitkan PM Abe, istrinya, dan Aso dalam penjualan tanah negara di bawah harga pasar.

"Saya akan mengembalikan 12 bulan gaji saya sebagai menteri kabinet, karena masalah ini merusak kepercayaan publik terhadap kementerian keuangan dan pemerintah," ujar Aso di hadapan jurnalis.

Baca juga: Shinzo Abe Ingin Bertemu dengan Kim Jong Un

Namun, Aso menambahkan, dia tidak akan mundur dari jabatannya terkait skandal ini.

Aso menambahkan, dalam kasus ini kementeriannya sudah menjatuhkan sanksi untuk 20 pejabat, memangkas gaji beberapa pegawai, dan memberikan peringatan lisan.

Sementaraitu PM Shinzo Abe kepada jurnalis mengatakan, dia menginginkan Aso tetap menduduki jabatannya dan memastikan telah mendapatkan pelajaran dari skandal tersebut.

"Kami harus melakukan evaluasi menyeluruh bagaimana cara menjaga dokumen publik dan mengambil langkah agar hal semacam ini tak terjadi lagi," ujar Abe.

Abe melanjutkan, sebagai perdana menteri dirinya sudah memperingatkan Aso agar dia menjalankan tanggung jawabnya dengan baik.

Skandal ini berkisar pada penjualan tanah milik negara di bawah harga  pasar pada 2016.

Tanah itu kemudian dijual kepada seorang pemilik sekolah yang mengaku dekat dengan PM Abe dan istriinya, Akie.

Selain masalah penjualan tanah ini, Abe juga menghadapi kasus kroniismelainnya.

Kelompok oposisi menudung Abe menggunakan pengaruhnya untuk membantu seorang temannya sehingga bisa membuka sekolah di sebuah zona ekonomi khusus.

Akibat penyalahgunaan wewenang ini sejumlah regulasi yang telah ditetapkan pemerintah dilanggar.

Abe yang berkuasa sejak 2012, tidak akan kehilangan jabatannya akibat masalah ini. Namun, kedua skandal tersebut sangat memengaruhi popularitasnya.

Sebuah jajak pendapat terbaru yang dirilis Senin (4/6/2018) menunjukan dukungan publik terhadap pemerintahannya turun 1,6 persen selama satu bulan terakhir.

Baca juga: Pemerintah China Mencela PM Jepang, Shinzo Abe

Level kepercayaan publik terhadap Abe kini hanya mencapai 39 persen atau paling rendah sejak dia menjadi perdana menteri.

Taro Aso adalah menteri paling kaya dalam kabinet PM Shinzo Abe. Sebab, keluarga Aso adalah pengusaha pertambangan yang memiliki kekayaan amat besar.

Sebagai menteri, Aso menerima gaji 30 juta yen atau hampir Rp 4 miliar setahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com