Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shinzo Abe Ingin Bertemu dengan Kim Jong Un

Kompas.com - 22/03/2018, 16:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang menyampaikan kepada Korea Utara keinginannya untuk menggelar sebuah pertemuan tingkat tinggi antara Perdana Menteri Shinzo Abe dengan Presiden Kim Jong Un.

Sebuah sumber diplomatik mengatakan Abe ingin menemui Kim guna membahas penyelesaian sejumlah isu di masa lalu, di antaranya terkait kasus penculikan warga Jepang oleh Korea Utara.

Abe juga ingin membicarakan persoalan program pengembangan misil dan nuklir Pyongyang.

Selain itu, Abe juga ingin mengangkat kembali kesepakatan Deklarasi Pyongyang yang ditandatangani kedua negara pada 2002 yang disebut bisa memberi keuntungan pada Korea Utara.

Baca juga: Korsel dan Korut Bakal Gelar Konferensi Tingkat Tinggi April

Keinginan menggelar pertemuan tersebut setelah adanya rencana pertemuan tingkat tinggi antara Kim Jong Un dengan Presiden Korsel Moon Jae In pada bulan April dan Presiden AS Donald Trump pada bulan Mei.

Jepang khawatir dalam dua pertemuan tersebut isu penculikan warganya oleh Korea Utara tidak akan masuk dalam agenda pembahasan. Demikian dilansir Kyodo News, Rabu (21/3/2018).

Jepang dan Korea Utara sebelumnya telah dua kali menggelar pertemuan tingkat tinggi, yakni antara Perdana Menteri Junichiro Koizumi dengan Presiden Kim Jong Il di Pyongyang pada 2002 dan 2004.

Deklarasi Pyongyang 2002 menyebutkan, Jepang akan mengembangkan kerja sama ekonomi dengan Korea Utara setelah hubungan kedua negara kembali normal.

Dalam pertemuan pada 2002, Kim Jong Il telah mengakui adanya penculikan oleh Korea Utara terhadap 13 warga negara Jepang dan delapan di antaranya telah meninggal dunia.

Setelah pertemuan tersebut, Korea Utara mengizinkan lima orang yang diculik untuk kembali ke Jepang pada Oktober 2002. Namun hingga kini tidak ada kemajuan nyata yang dibuat sejak saat itu.

Pyongyang menyebut masalah penculikan telah terselesaikan, namun Tokyo masih menunggu kepastian kembalinya pada korban.

Baca juga: Trump dan Kim Jong Un Bakal Bertemu pada Mei 2018

Awal pekan ini, melalui Menteri Luar Negeri Taro Kono, Jepang telah bertemu secara terpisah dengan Wakil Presiden AS Mike Pence dan juga Menlu Korea Selatan, Kang Kyung Wa.

Dalam pertemuan itu, Kono meminta AS dan juga Korsel untuk dapat membantu meyakinkan Pyongyang agar bersedia mengadakan pertemuan tingkat tinggi dengan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com