Membelot dari Houthi, Pria Ini Berfoto di Samping Kuburannya - Kompas.com

Membelot dari Houthi, Pria Ini Berfoto di Samping Kuburannya

Kompas.com - 14/02/2018, 15:03 WIB
Mohammed Hussein Saleh yang membelot dari kelompok milisi Houthi berfoto di samping makamnya.AL-ARABIYA/SUPPLIED Mohammed Hussein Saleh yang membelot dari kelompok milisi Houthi berfoto di samping makamnya.

DHAMAR, KOMPAS.com - Seorang anggota milisi Houthi yang membelot dan melarikan diri berfoto di samping makam yang memajang foto dirinya. Tindakan tersebut sebagai bentuk menentang kelompok milisi itu.

Mohammed Hussein Saleh adalah mantan anggota milisi Houthi yang kemudian memutuskan untuk keluar dan melarikan diri dari medan pertempuran.

Milisi Houthi lantas mengumumkan kematiannya dan menguburkan peti dengan foto dirinya di sebuah pemakaman di provinsi Dhamar, dekat dengan pusat Yaman.

Dilansir dari Al Arabiya, sebuah sumber di Yaman mengatakan, para pejuang Houthi yang diumumkan telah tewas banyak yang ternyata meninggalkan medan perang di Taiz dan membelot.

Baca juga: Pasukan Pemerintah Yaman Klaim Bakal Menang Lawan Houthi

Kelompok bersenjata Houthi banyak mengalami kerugian setelah puluhan anggotanya melarikan diri. Anggota yang berhasil melarikan diri dari medan pertempuran dan gagal ditangkap atau ditahan itu kemudian dianggap telah tewas.

Houthi kemudian akan mengumumkan kematian anggotanya itu dan mengatur proses pemakaman di kampung halamannya.

Pihak keluarga selalu tidak diizinkan untuk mengidentifikasi jenazah maupun membuka peti sebelum dikuburkan tanpa menjelaskan alasannya. Mereka kemudian meminta keluarga itu untuk mendoakan dan langsung menguburkan peti tersebut.

Namun Hussein Saleh kemudian muncul dan bahkan berfoto di samping makamnya. Tindakan tersebut kerap ditunjukkan sebagai bentuk menentang miliki Houthi.

Tindakan yang dilakukan Hussein bukan kali pertama terjadi, di mana anggota yang telah diumumkan telah tewas mendadak muncul setelah melarikan diri dari pertempuran.

Baca juga: Yaman Tangkap Tentara Anak-anak Houthi


Komentar

Close Ads X