Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taburkan Garam Tanpa Sarung Tangan, Restoran Koki "Salt Bae" Diperiksa

Kompas.com - 01/02/2018, 15:16 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


NEW YORK, KOMPAS.com — Masih ingatkah Anda dengan seorang koki yang menaburkan garam ke makanan dengan gaya khasnya yang dikenal dengan Salt Bae?

Dengan memakai kacamata hitam, dia menaburkan garam ke daging tanpa mengenakan sarung tangan.

Nusret Gokce, koki sekaligus pemilik restoran Nusr-Et di New York, Amerika Serikat, tampaknya akan terlibat masalah dengan Departemen Kesehatan setempat.

Pada Selasa (30/1/2018), artikel di Eater melaporkan, koki tersebut tidak menggunakan sarung tangan ketika menyiapkan makanan di restorannya.

Baca juga: Makan Malam Turis Jepang Dihargai Rp 18 Juta, Restoran Ini Didenda

Kemudian, pada Rabu (31/1/2018), juru bicara Departemen Kesehatan AS mengatakan kepada Newsweek akan menyelidiki terkait keluhan tersebut.

Dalam berbagai video yang tersebar di media sosial, Gokce mendekati meja dengan menggunakan kaus putih untuk menyiapkan steak dengan memotong dan menyentuhnya tanpa mengenakan sarung tangan.

Juru bicara Departemen Kesehatan mengatakan, aturan dalam kode etik kesehatan penyajian makanan melarang menyentuh makanan yang telah disiapkan dengan tangan kosong.

Larangan lainnya, larangan penyiapan makanan dengan mengenakan perhiasan di tangan.

Baca jug : Diduga Pakai Salju untuk Minuman Dingin, McDonalds di China Mengelak

Video lainnya yang diunggah di Instagram pada 8 Januari 2018, restoran milik Gokce di Miami juga memperlihatkan aksinya melempar daging ke pemanggang tanpa menggunakan sarung tangan.

Namun, New York Post melaporkan, sang koki kini terlihat memakai sarung tangan berwarna hitam saat menaburkan berbagai bumbu saat memasak.

Sepanjang kariernya, Gocke pernah membumbui makanan untuk selebritas, termasuk aktor Leonardo DiCaprio, DJ Khaled, dan pesenam Olimpiade, Simone Biles.

Dia menjadi terkenal setelah unggahan sebuah video berdurasi 36 detik yang menampilkan aksi indahnya dalam menyiapkan daging pada Januari 2017.

Baca juga: Kesal Pesanan Tak Kunjung Datang, Dua Pria Hajar Pemilik Restoran

Setelah itu, warganet membuat berbagai meme Gocke. Videonya saat ini juga telah ditonton lebih dari 16 juta kali di Instagram.

"Menyajikan daging dan membumbuinya sejak awal merupakan bagian dari hidup saya," katanya dalam wawancara dengan NBC News pada Februari 2017.

Restoran miliknya kini memiliki 13 cabang di seluruh dunia, termasuk di New York, Miami, Dubai, Abu Dhabi, dan beberapa di Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com