Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Ulang Tahun Hitler, Tiga Orang Ditahan Polisi Polandia

Kompas.com - 24/01/2018, 17:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WARSAW, KOMPAS.com - Tiga orang ditahan kepolisian Polandia dituduh menyebarkan fasisme. Mereka diketahui merupakan anggota kelompok neo-Nazi dan belum lama menggelar perayaan ulang tahun pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

Mengutip Times of Israel, aksi kelompok neo-Nazi di Polandia tersebut disiarkan melalui siaran program berita stasiun televisi swasta TVN24 pada Selasa (23/1/2018) dan langsung mendapat kecaman.

Dalam siarannya, ditampilkan para anggota kelompok neo-Nazi mengenakan seragam layaknya anggota Nazi dan memasang simbol Nazi serta merayakan ulang tahun ke-128 diktator Jerman itu.

Baca juga: Kelompok Neo Nazi Menyasar Mahasiswa Asing di Australia

Tindakan kelompok tersebut langsung menuai kecaman, salah satunya dari Perhimpunan Komunitas Yahudi di Polandia.

"Apa lagi yang harus kami alami agar dapat membuka mata mereka. Pihak berwenang tidak akan menolerir fasisme dan Nazi di Polandia," tulis Leslaw Piszewski, presiden Perhimpunan Komunitas Yahudi Polandia di media sosial Facebook menanggapi siaran tersebut.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki menegaskan, negara tidak akan pernah mentolerir setiap penggunaan simbol kelompok totaliter tersebut dan langsung memerintahkan pelarangan kelompok itu.

Polandia memiliki sejarah kelam terkait Nazi setelah dikuasai selama Perang Dunia II. Memunculkan kebencian terhadap Nazi dan juga kelompok neo-Nazi.

Jaksa Agung Zbigniew Ziobro bersumpah akan mengambil tindakan keras terhadap kelompok-kelompok maupun individu yang melanggar hukum dan menampilkan simbol-simbol Nazi.

"Setelah Nazi menyerang Jerman, jutaan orang dibunuh dan wilayah Polandia dikuasai," kata Ziobro.

"Jika ada seseorang yang menghormati Adolf Hitler yang merupakan salah satu penjahat terbesar dalam sejarah, maka dia pantas dihukum dengan seberat-beratnya," kata Ziobro kepada kantor berita PAP.

Baca juga: Neo Nazi Menguat, Jerman Bersiaga Tinggi Pasca Bom di Dresden

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com