Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Kereta Api Pakistan-Iran Kembali Dibuka Tahun Ini

Kompas.com - 21/01/2018, 13:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Al Arabiya

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Pemerintah Pakistan dan Iran telah sepakat untuk kembali membuka rute perjalanan kereta api antara kedua negara. Kereta penumpang yang dijadwalkan dua minggu sekali itu akan mulai kembali beroperasi pada awal September 2018.

Kesepakatan tersebut sebagai hasil pertemuan perwakilan kedua negara pada Kamis (18/1/2018) dan tercapai setelah mempertimbangkan situasi keamanan terkini.

Dikutip dari Al Arabiya, rute kereta penumpang akan menghubungkan antara stasiun Quetta, Pakistan dengan kota Masyhad atau Qom di Iran.

Baca juga: Presenter Pakistan Pandu Acara Sambil Bawa Anak

Sebelumnya, kereta jasa penumpang dan barang internasional beroperasi dua kali sebulan oleh Perkeretaapian Pakistan yang menghubungkan Quetta (Pakistan) dengan Zahedan (Iran).

Perjalanan kereta yang menempuh jarak hingga 732 kilometer itu memakan waktu hingga 33 jam.

Sumber yang disebutkan dalam laporan media lokal, Dawn mengatakan revisi pembaruan kesepakatan tahun 1959 antara Perkeretaapian Pakistan dengan Iran tengah dipertimbangkan.

Selain kereta penumpang, jasa pengiriman barang antara Quetta dengan Zahedan juga disepakati akan kembali beroperasi dengan sebanyak 15 perjalanan, sesuai dengan tuntutan komunitas bisnis.

Kedua belah pihak juga membahas kereta kontainer ECO dengan rute Islamabad-Teheran-Istanbul (ITI). Delegasi Iran menyatakan keinginan mereka untuk mengimpor material mekanik dan sipil dari Perkeretaapian Pakistan.

Baca juga: Tercemar dan Makin Menipis, Pakistan Kekurangan Persediaan Air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com