Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Bakal Bangun Pelabuhan Militer di Pakistan

Kompas.com - 08/01/2018, 12:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - China berencana membangun pangkalan angkatan laut di dekat pelabuhan strategis di Pakistan. Pelabuhan militer tersebut nantinya akan berfungsi sebagai dermaga dan tempat perawatan kapal angkatan laut.

Analis militer di Beijing, Zhou Chenming mengatakan, pangkalan di dekat pelabuhan Gwadar di Laut Arab akan difungsikan sebagai dermaga dan perawatan kapal angkatan laut.

"China perlu membangun pangkalan militer lain di Gwadar untuk kapal perangnya karena pelabuhan yang ada itu difungsikan sebagai pelabuhan sipil," kata Zhou dilansir dari SCMP

Baca juga: Kapal Tanker & Kargo Tabrakan di Pantai Timur China, 32 ABK Hilang

"Sebenarnya ini hal biasa, memisahkan antara fasilitas untuk kapal perang dengan kapal-kapal dagang karena pengoperasiaanya berbeda."

"Kapal dagang membutuhkan pelabuhan yang lebih besar dengan ruang yang luas untuk gudang dan kontainer, sementara kapal perang membutuhkan fasilitas pemeliharaan dan dukungan logistik," tambahnya.

Sumber lain dari Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) mengonfirmasi bahwa angkatan laut akan membangun pangkalan di dekat Gwadar. Pangkalan itu nantinya akan serupa dengan yang telah beroperasi di Djibouti.

"Pelabuhan Gwadar saat ini tidak bisa menyediakan pelayanan yang spesifik untuk kapal perang. Layanan publik di sana terlalu kacau. Bukan tempat yang baik untuk menjalankan pendukung logistik militer," kata sumber tersebut.

Sebelumnya, kabar pembangunan pelabuhan militer China di Pakistan itu pertama dilaporkan situs berita yang berbasis di Washington, The Daily Caller.

Situs tersebut mengutip pernyataan pensiunan militer AS Kolonel Lawrence Sellin yang mengatakan, telah ada pertemuan antara pejabat tinggi militer China dengan Pakistan.

Pertemuan tersebut mengindikasikan kemungkinan Beijing membangun pangkalan militer di semenanjung Jiwani, sekitar Gwadar yang dekat dengan perbatasan Iran.

Menurutnya, pangkalan angkatan laut di Jiwani itu menjadi pertanda militerisasi China di Pakistan dan di Samudra Hindia.

Baca juga: China Sukses Terbangkan Pesawat Amfibi Terbesar di Dunia

Sebelum di Pakistan, China telah memiliki pangkalan angkatan laut seluas 36 hektare di Djibouti yang dibangun pada 2016 dan telah beroperasi sejak Juli 2017.

Pangkalan tersebut telah digunakan untuk latihan militer rutin. Sebuah langkah yang menurut pakar militer juga dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan militer China dan melindungi kepentingan luar negerinya di kawasan Afrika dan Samudra Hindia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com