Gedung Pusat Komunitas di Portugal Terbakar, Delapan Tewas - Kompas.com

Gedung Pusat Komunitas di Portugal Terbakar, Delapan Tewas

Agni Vidya Perdana
Kompas.com - 14/01/2018, 20:43 WIB
Petugas pemadam kebakaran berada di luar gedung pusat komunitas yang terbakar di Tondela, pada Sabtu (13/1/2018) malam. Setidaknya delapan orang tewas.Maria Joao Gala / AFP Petugas pemadam kebakaran berada di luar gedung pusat komunitas yang terbakar di Tondela, pada Sabtu (13/1/2018) malam. Setidaknya delapan orang tewas.

LISBON, KOMPAS.com - Kebakaran melanda sebuah gedung pusat komunitas di kota Tondela, utara Portugal, Sabtu (13/1/2018) malam waktu setempat.

Saat kebakaran terjadi, sebanyak 60 hingga 70 warga tengah berkumpul di gedung tersebut, menghadiri sebuah acara komunitas.

Akibatnya, setidaknya delapan orang dilaporkan meninggal dunia, sementara 38 lainnya mengalami luka dengan sembilan di antaranya luka serius.

"Korban luka serius langsung diterbangkan menggunakan helikopter ke rumah sakit di Porto dan Lisbon," kata Kepala Unit Tanggap Darurat Carlos Pereira kepada AFP, Minggu (14/1/2018).

Baca juga: Menara Trump di New York Kebakaran, 3 Orang Terluka

Salah satu korban selamat, Julio Dias mengatakan, kebakaran terjadi dengan cepat. Menyebabkan kepanikan yang berakibat evakuasi tidak berjalan lancar.

"Api menyebar sangat cepat. Tidak sampai lima menit seluruh lantai sudah terbakar. Orang-orang panik dan berebut keluar," kata dia pada surat kabar lokal Publico.

Petugas pemadam kebakaran tiba beberapa menit setelahnya dan langsung membuka paksa pintu menggunakan tali yang ditarik oleh kendaraan.

Presiden Portugal Marcelo Rebelo de Sousa mendatangi lokasi kejadian pada Minggu (14/1/2018).

Wali kota setempat Jose Antonio Jesus mengatakan, api yang membakar gedung diduga berasal dari ledakan di sebuah tungku pembakaran kayu, yang melepaskan "jumlah besar" karbon monoksida. Api dapat dikendalikan setelah satu jam.

Baca juga: Kebakaran, Seorang Ibu Ditemukan Hangus dengan Tangan Memeluk Anak

PenulisAgni Vidya Perdana
EditorAgni Vidya Perdana
SumberAFP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM