Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer AS Bunuh 40 Militan ISIS di Somalia

Kompas.com - 14/11/2017, 09:40 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


WASHINGTON, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat mengklaim telah membunuh 40 orang militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam operasi militer sepanjang pekan lalu, di Somalia.

Dilansir dari AFP, Senin (13/11/2017), militer AS telah melancarkan lima serangan sejak Kamis lalu ke militan di kawasan Tanduk Afrika. Setidaknya, 36 orang anggota Al Qaeda yang masih terkait dengan kelombok Shabaab tewas dalam serangan itu.

Kolonel Rob Manning mengatakan, serangan yang dilakukan bersama tentara komando AS-Afrika itu, menyusul dua aksi teror yang menghancurkan ibu kota Somalia, Mogadishu, bulan lalu.

Setidaknya, 385 orang tewas dalam serangan bom yang berasal dari kelompok ISIS.

Baca juga : AS Tembakkan Rudal ke Markas ISIS di Somalia

"Koordinasi dengan pemerintah federal Somalia, militer AS telah melancarkan lima serangan di Somalia melawan Al-Shabaab dan ISIS sejak 9 sampai 12 November," kata Manning.

"Sebanyak 40 teroris tewas dalam pertempuran itu," tambahnya.

Lonjakan operasi militer AS itu terjadi setelah Presiden AS Donald Trump meminta militer untuk mengambil tindakan langsung terhadap terduga teroris.

Militer AS tak perlu meminta persetujuan dari Gedung Putih yang lebih spesifik untuk menghabisi teroris.

Sebelumnya, pada 3 November 2017, sepasang pesawat tanpa awak milik AS telah menyerang kelompok militan di Somalia. Hal itu menandai pertama kalinya militer AS melakukan operasi di Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com