PBB: Pengungsi Rohingya ke Banglades Capai 313.000 Orang - Kompas.com

PBB: Pengungsi Rohingya ke Banglades Capai 313.000 Orang

Kompas.com - 12/09/2017, 07:18 WIB
Pengungsi Rohingya dari Rakhine, Myanmar, memikul seorang kakek renta ketika melintasi perbatasan menuju Banglades.AP via The Guardian Pengungsi Rohingya dari Rakhine, Myanmar, memikul seorang kakek renta ketika melintasi perbatasan menuju Banglades.

GENEVA, KOMPAS.com - Kantor Komisioner Tinggi untuk Pengungsi PBB ( UNHCR) mengatakan, jumlah warga etnis minoritas Rohingya di Rakhine, Myanmar, yang telah melarikan diri ke Banglades telah mencapai 313.000 orang.

Menurut sebuah laporan UNHEC yang dikeluarkan Senin (11/9/2017), jumlah pendatang baru agak berkurang, namun masih banyak yang mencari tempat berlindung dan berkemah di pinggir jalan.

Dikatakan juga di dua komunitas lokal Banglades, komite masjid setempat, pemimpin politik dan tokoh masyarakat menyediakan kebutuhan pokok kepada pendatang baru.

Baca: Kekerasan Mematikan di Rakhine Memburuk, Hampir 100 Orang

Kekerasan tersebut dipicu pada 25 Agustus ketika sebuah kelompok pemberontak etnis Rohingya menyerang lebih dari 20 pos polisi di Myanmar.

Akibat serangan itu, puluhan orang tewas dan terluka. Pasukan keamanan Myanmar pun melakukan tindakan balasan dengan mengerahkan tentaranya dalam jumlah yang besar.

Banyak desa dibakar dan ratusan orang meninggal, terutama Muslim Rohingya. Belum diketahui secara pasti siapa yang melakukan pembakaran dan pembunuhan.

Baca: Myanmar Bunuh Tiga Terduga Militan Rohingya di Rakhine

EditorPascal S Bin Saju
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM