Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uang Berkarung-karung Senilai Rp 574 Miliar Ditemukan di Sebuah Flat di Nigeria

Kompas.com - 14/04/2017, 17:42 WIB

LAGOS, KOMPAS.com - Uang tunai sekitar Rp 574,3 miliar ditemukan di sebuah flat di Lagos, Nigeria, seperti diungkapkan badan antikorupsi Nigeria. Uang tersebut terdiri dari 43 juta dollar AS atau setara Rp 573 miliar, 27.800 euro atau setara Rp 397 juta, dan 23 juta naira (mata uang Nigeria) atau setara Rp 1 miliar. 

Aparat menggrebek flat tersebut setelah mendapat informasi tentang seorang perempuan 'yang tampak kuyu' dengan pakaian 'kotor' membawa karung-karung plastik kantung keluar masuk flat, demikian laporan dari BBC.

Uang ratusan miliar itu diyakini bersumber dari kegiatan yang melanggar hukum, namun badan antikorupsi Nigeria, Komisi Kejahatan Keuangan dan Ekonomi, EFCC,  mengatakan belum ada yang ditangkap terkait kasus tersebut.

Tumpukan ini merupakan yang terbaru dalam serangkaian temuan uang tunai di Nigeria, yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Afrika.

Bulan Maret lalu, badan antikorupsi juga menemukan uang tunai yang masih 'segar' senilai 155.000 dollar AS atau setara Rp 2 miliar di bandara kota Kaduna, sebelah utara negara itu.

Dalam temuan terbaru di Lagos, selain uang tunai 43 juta dollar AS, penyidik juga menemukan sekitar 27.800 euro dan sekitar 23 juta naira (mata uang Nigeria) di flat berkamar empat yang terledak di kawasan pemukiman Ikoyi.

Uang tunai yang disusun dengan rapi itu berada dalam bungkusan-bungkusan yang disimpan dalam lemari dan rak di flat tersebut.

Penjaga flat mengatakan kepada EFCC, tidak ada yang tinggal di flat  itu namun sebuah sumber melaporkan bahwa seorang perempuan muncul sesekali dengan membawa karung.

"Dia tampak kuyu dengan pakaian kotor namun kulitnya tidak sesuai dengan penampakan luarnya, mungkin untuk menyamar," tambah EFCC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com