Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Janjikan Zona Ekonomi Khusus untuk Tarik Investor Jepang

Kompas.com - 13/03/2017, 19:24 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, Senin (13/3/2017), sepakat untuk menggelar studi terkait pembentukan zona ekonomi khusus untuk menarik investor asal Jepang.

Di dalam zona ekonomi khusus itu, nantinya pemerintah Arab Saudi akan memberikan insentif pajak dan prosedur pabean khusus untuk mendorong berbagai perusahaan Jepang membangun pabrik dan pusat riset di negeri itu.

Dalam langkah yang terkait, sejumlah media melaporkan, perusahaan otomotif Toyota Motor Corp segera mempelajari kemungkinan membangun pabrik perakitan mobil di Arab Saudi.

"Arab Saudi di satu sisi sedang berusaha mengembangkan perekonomian dan mengurangi ketergantungannya terhadap minyak bumi dengan menumbuhkan lapangan kerja dari industri non-migas," demikian pernyataan bersama dengan judul Jepang-Saudi Visi 2030.

"Sementara di sisi lain Jepang berkeinginan meningkatkan ekspor, investasi, dan wisata dengan mengembangkan pasar di luar pasar domestik dan negara-negara tetangganya," tambah pernyataan itu.

Kedua negara juga sepakat untuk mempromosikan 31 buah proyek, termasuk sejumlah proyek untuk mengembangkan sektor manufaktur di Arab Saudi.

Selain itu, kedua negara sepakat untuk melakukan studi bersama terkait kemungkinan Saudi Aramco melepas sahamnya di bursa efek Tokyo.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com