Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Filipina Tembak Mati Pimpinan Kelompok Militan Pro-ISIS

Kompas.com - 05/01/2017, 16:29 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Pasukan keamanan Filipina, Kamis (5/1/2017), dikabarkan berhasil menewaskan pemimpin sebuah kelompok militan pro-ISIS.

Mohammad Jaafar Maguid, pendiri dan pemimpin Ansarul Khalifa Filipina, dikejar dan ditembak mati di sebuah pantai di Mindanao lewat tengah malam.

Selain menewaskan Jaafar, aparat keamanan Filipina juga menangkap tiga rekan sang pemimpin.

"Dia dicari untuk sejumlah aksi pengeboman. Mereka menggunakan bom rakitan dalam aksinya dan telah menewaskan banya orang," kata kepala kepolisian regional Mindanao, Cedric Train.

"Kelompok ini mengibarkan bendera ISIS di markas mereka. Mereka sangat ingin dikenali oleh ISIS," tambah Train.

Dalam bentrokan pada November tahun lalu di kampung halaman Jaafar di Palimbag, Mindanao, 1.000 kilometer sebelah selatan Manila, tentara menewaskan delapan pengikut Ansarul Khilafa.

Namun, saat itu Jaafar berhasil meloloskan diri dari sergapan tentara.

Meski sukses menewaskan Jaafar, menteri dalam negeri Ismael Sueno memperingatkan kemungkinan aksi balas dendam dari pengikut pria yang terkenal dengan nama Komandan Tokboy itu.

"Mereka mungkin akan membalas sehingga kami harus menggandakan kesiagaan," kata Sueno.

Ansarul Khalifa mendalangi serangan yang menewaskan dua warga sipil di Mindanao pada 2008 termasuk serangkaian perampokan dan kejahatan lain.

Cedric Train menambahkan, Ansarul Khalifa juga mendalangi pengeboman di Davao pada September tahun lalu yang menewaskan 15 orang.

Direktur Institut Kebijakan dan Analisa Konflik, Sydney Jones mengatakan, Jaafar pernah ditangkap pada 2009 tetapi kabur dari penjara delapan bulan kemudian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com