Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Xi Inginkan Kemajuan yang 'Stabil' dengan AS

Kompas.com - 02/12/2016, 23:17 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China, Xi Jinping, mengatakan kepada mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Henry Kissinger, bahwa Beijing mengharapkan kemajuan yang stabil dan berkelanjutan dalam hubungan dengan AS setelah pemilihan Presiden AS bulan lalu.

Xi mengatakan hal itu ketika menerima Kissinger di Beijing, Jumat (2/12/12016). Xi mengatakan, pemerintahnya mengamati dengan seksama perkembangan pasca Pemilu AS, dan sekarang adalah masa transisi politik penting.

“Secara keseluruhan, kami ingin melihat hubungan China-AS bergerak maju secara stabil dan berkelanjutan,'' kata Xi dalam komentar pembuka pada pertemuan antara kedua tokoh itu di Balai Agung Rakyat, Beijing.

Xi juga mengemukakan bahwa dia belum lama ini bertemu dengan Presiden AS, Barack Obama, dan telah mengadakan percakapan telepon dengan Presiden AS terpilih, Donald Trump.

Kissinger, kini berusia 93 tahun, sudah sering mengunjungi China, di mana dia sangat dihormati karena meletakkan dasar untuk normalisasi hubungan diplomatik antara Beijing dan Washington pada 1970-an.

Sesepuh Partai Republik ini juga bertemu dengan Trump tak lama setelah pemilihan 8 November dan diduga akan memberikan pandangannya kepada Xi dan para pemimpin China lainnya.

Trump pernah mengancam akan mencap China sebagai manipulator mata uang dan memaksakan tarif cukai yang tinggi pada ekspor China.

Namun, beberapa analis politik China menilai Trump lebih baik dari pada Hillary Clinton.

Hillary sangat mendukung penyeimbangan kekuatan AS di Asia, yang menurut Beijing merupakan strategi untuk menghambat upayanya menjadi negara adidaya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com