Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Lancarkan Serangan Terkoordinasi ke Kelompok Militan Suriah

Kompas.com - 18/11/2016, 06:30 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia telah melakukan serangan pertamanya ke target-target militan di Suriah dengan  menggunakan jet-jet tempurnya.

Media Rusia melaporkan, jet-jet tempur itu diterbangkan dari pangkalan Rusia dan Suriah serta dari satu kapal induk Rusia, kata kementerian dalam negeri, Kamis (17/11/2016).

Peluru-peluru kendali jelajah, yang ditembakkan dari sejumlah pesawat Tu-95MS milik Rusia, menghantam Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan Front Nusra, dalam tiga tahap.

Serangan-serangan itu, seperti diberitakan Reuters, Jumat (18/11/2016) pagi ini, merupakan yang pertama sejak Rusia memulai kampanye udaranya di Suriah, September 2015.

Rangkaian serangan  yang dikoordinasikan Rusia itu berlangsung setelah sekelompok armada angkatan laut, yaitu kapal induk Laksamana Kuznetsov, satu kapal jelajah tempur berkekuatan nuklir, dua kapal perang antikapal selam, dan empat kapal pendukung, tiba di perairan Suriah awal bulan ini.

Pengerahan AL Rusia itu, yang jarang terjadi sejak Uni Soviet runtuh, membawa puluhan pesawat tempur pengebom dan helikopter yang diperkirakan akan melengkapi 10 kapal Rusia yang sudah berada di perairan Suriah.

Selain sejumlah Tu-95MS dan pesawat yang terbangkan dari kapal induk Laksamana Kuznetsov, jet-jet tempur dari pangkalan udara Hmeimim di Suriah juga mengambil bagian dalam operasi serangan.

Rudal-rudal jelajah diluncurkan dari zona Laut Mediterania.

Sementara pesawat-pesawat diterbangkan dari sebuah pangkalan udara di Rusia, melintasi jarak lebih dari 11.000 kilometer, dan dua kali melakukan pengisian bahan bakar di udara.

Berdasarkan info yang diterima Reuters, target-target yang terkena serangan telah diidentifikai sebagai pusat-pusat operasi, pergudangan senjata, dan amunisi, perlengkapan militer serta toko-toko produksi senjata ISIS.

Namun, laporan tersebut tidak menyebutkan secara detail nama tempat target-target militan Suriah itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com