Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dulu Mengecam Trump, Miliarder Saudi Kini Kirimkan Ucapan Selamat

Kompas.com - 10/11/2016, 17:46 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Miliarder Arab Saudi yang pernah saling bertukar kecaman lewat Twitter dengan presiden AS terpilih Donald Trump akhirnya mengakhiri perseteruan dan memberikan selamat.

"Presiden terpilih @realDonaldTrump apapun perbedaan di masa lalu, rakyat Amerika sudah berbicara, selamat dan semoga sukses menjalani masa kepresidenan," kata Pangeran Alwaleed bin Talal lewat akun Twitter-nya.

Alwaleed adalah salah satu anggota keluarga kerajaan Saudi yang dikenal sangat vokal dan mengelola perusahaan investasi Kingdom Holding Co.

Lewat perusahaannya ini Alwaleed memiliki banyak bisnis termasuk Citigroup dan Time Warner yang berkedudukan di Amerika Serikat.

Tahun lalu, Alwaleed mengecam pernyataan Trump yang berencana melarang seluruh umat Islam untuk sementara waktu menginjakkan kaki ke wilayah AS.

"Anda merupakan aib tak hanya untuk Partai Republik tetapi untuk seluruh Amerika," ujar Alwaleed saat itu juga lewat akun Twitter-nya.

"Mundurlah dari pencalonan presiden AS karena kau tak akan pernah menang," tambah Alwaleed.

Mendapat serangan semacam itu, juga lewat Twitter, Trump balas menyerang.

"Pangeran Alwaleed Talal ingin mengendalikan politisi AS dengan uang ayahnya. Tak bisa seperti itu lagi jika saya terpilih," ujar Trump.

Trump kemudian mengubah pernyataannya soal umat Islam dengan menyerukan agar imigrasi AS melarang warga dari negara-negara yang sudah terbukti memiliki sejarah terorisme untuk masuk ke AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com