Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Beri Izin Airbus Jual Pesawat ke Iran

Kompas.com - 21/09/2016, 22:10 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah AS, Rabu (21/9/2016), telah memberi izin kepada perusahaan dirgantara Airbus untuk menjual 17 unit pesawatnya ke Iran.

Kesepakatan penjualan Airbus ini dimungkinkan setelah kesepakatan nuklir bersenjarah tahun lalu yang sekaligus mencabut sejumlah sanksi ekonomi terhadap Iran.

Juru bicara Airbus, Justin Dubon mengatakan, perusahaan itu telah menerima izin dari badan pengendalian aset luar negeri Kementerian Keuangan AS.

"Airbus adalah perusahaan pertama yang menandatangani kesepakatan dengan maskapai Iran Air dan kami gembira mendapatkan izin untuk melaksanakan kesepakatan ini," ujar Dubon kepada The Independent.

Dubon melanjutkan, izin yang diberikan pemerintah AS itu mencakup izin penjualan pesawat jenis A320 dan A330 yang akan segera dikirim ke Iran.

Namun, Dubon tak merinci jumlah masing-masing tipe pesawat yang akan dijual ke Iran.

Pada Januari lalu, maskapai nasional Iran itu meneken kesepakatan bersejarah untuk membeli 118 pesawat bernilai 27 miliar dolar dari Airbus.

Namun, manajemen Iran Air mengeluhkan penundaan pengiriman karena menunggu izin dari pemerintah AS. Izin ini dibutuhkan karena pesawat Airbus mengandung banyak bagian yang diproduksi di AS.

Menyusul terbitnya izin ini, perusahaan dirgantara AS juga berharap bisa menjual pesawat-pesawatnya ke Iran dalam waktu dekat.

Boeing juga telah meneken kesepakatan dengan Iran yang nilainya bisa mencapai 25 miliar dolar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com