Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Tahun Alami Kekeringan, Taman Nasional Kruger Berencana Kurangi Satwa

Kompas.com - 14/09/2016, 11:04 WIB
Ervan Hardoko

Editor

Sumber Mirror

JOHANNESBURG, KOMPAS.com - Suaka margasatwa terbesar di Afrika Selatan, Taman Nasional Kruger berencana akan mengurangi jumlah hewan di tempat itu akibat kekeringan yang sudah berlangsung selama dua tahun.

Pengelola taman nasional mengatakan, hewan-hewan yang paling terdampak adalah kuda nil dan banteng. Sehingga jumlah hewan harus dikurangi dengan cara dibunuh.

Namun langkah ini ditentang aktivis lingkungan karena membunuh 4.700 ekor banteng dan 750 ekor kuda nil berpotensi untuk merusak populasi hewan-hewan langka itu.

Direktur Taman Nasional Kruger Navashni Govender mengatakan, kedua spesies ini sangat rentan terhadap kekeringan.

Dalam kekeringan serupa yang pernah terjadi beberapa tahun lalu, jumlah kedua hewan ini menyusut hingga separuhnya.

"Membiarkan alam mengurangi jumlah hewan tak selalu menjadi yang terbaik secara ekologi," kata Navashni.

"Isu moraknya adalah membiarkan hewan-hewan ini mati dan membusuk sementara banyak orang di sekitar taman ini membutuhkan protein, harus menjadi bahan pertimbangan," tambah dia.

Para petinggi taman nasional Kruger mengatakan, daging hewan-hewan yang dibunuh itu nantinya akan disumbangkan kepada warga desa di sekitar taman yang hasil pertaniannya hancur akibat kekeringan.

"Hewan-hewan predator bisa bertahan di tengah kekeringan. Demikian juga gajah, kudu dan jerapah. Hewan pemakan rumputlah yang paling menderita akibat kekeringan," tambah Navashni.

Sementara itu, Dr Pieter Kat dari organisasi amal konservasi LionAid mengatakan Kruger harus mengubah status taman nasionalnya jika ingin berfungsi sebagai penyedia daging.

"Status Kruger harus diubah tak lagi menjadi taman nasional yang memelihara hewan liar dengan populasi yang fluktuatif," kata Kat.

Saat ini Taman Nasional Kruger memiliki herbivora dalam jumlah sangat banyak yaitu 20.000 ekor gajah, 47.000 ekor banteng dan 7.500 ekor kuda nil.

Taman Nasional Kruger memiliki luas area 19.485 kilometer persegi terbentang 360 kilometer dari utara ke selatan dan 65 kilometer dari barat ke timur.

Area taman ini pertama kali dilindungi pemerintah Afrika Selatan pada 1898 dan resmi menjadi taman nasional pertama negeri itu pada 1926.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com