Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuda Nil Tertua di AS Mati dalam Usia 58 Tahun

Kompas.com - 05/05/2015, 21:26 WIB
DENVER, KOMPAS.com — Bertie, seekor kuda nil tertua di AS, mati dalam usia 58 tahun setelah pihak Kebun Binatang Denver memutuskan untuk melakukan eutanasia karena kesehatan Bertie yang terus menurun.

Bertie adalah "warga" Kebun Binatang Denver yang paling lama dan kuda nil tertua yang tinggal di berbagai kebun binatang di Amerika Utara.

"Kami terpaksa melakukan eutanasia terhadap Bertie karena pengurusnya melihat kesehatan Bertie yang terus menurun karena bertambahnya usia," demikian pernyataan resmi Kebun Binatang Denver.

Secara umum, di alam liar, seekor kuda nil bisa hidup hingga usia 30-40 tahun dan di kebun binatang rata-rata kuda nil hidup hingga usia 50 tahun. Artinya, Bertie memang sudah melampaui masa hidup rata-rata seekor kuda nil.

"Ini adalah sebuah kehilangan bagi kebun binatang dan masyarakat Denver. Bertie adalah anggota keluarga kami selama lebih dari 50 tahun," kata Presiden Kebun Binatang Denver, Shannon Block.

"Kami akan merindukan Bertie, termasuk banyak keluarga dan anak-anak yang kerap mengunjungi dia untuk mengenal Bertie selama bertahun-tahun," kata Shannon.

Pihak kebun binatang mengatakan, belakangan nafsu makan Bertie menurun drastis dan dia semakin tak antusias mengikuti latihan bersama pengurusnya.

Bertie juga semakin sulit keluar dari kolamnya dan terlihat semakin sulit berjalan. Dokter hewan kebun binatang juga membatasi opsi perawatan karena Bertie tak merespons pengobatan dengan baik.

Mendiagnosis penyakit pada seekor kuda nil sangat sulit karena ukuran tubuh dan anatomi tubuh hewan ini. Namun, semua gejala yang ditunjukkan Bertie tampaknya terkait dengan usianya yang semakin tua.

Akhirnya, para pengurus Bertie menyimpulkan, dengan kondisinya saat ini, kualitas hidup hewan itu tidak akan membaik.

"Keputusan ini merupakan hal yang paling sulit untuk diambil, tetapi merupakan keputusan yang paling benar," kata Wakil Presiden Pengobatan Hewan Kebun Binatang Denver, Scott Larsen.

"Kami semua merindukan Bertie. Namun, kami sangat bahagia dia berumur panjang, menjalani hidupnya dengan senang di kebun binatang ini," kata Scott.

Bertie tiba di Denver pada 1958 dari Kebun Binatang Central Park, New York. Sejak saat itu, Bertie sudah menjadi bapak semua kuda nil yang lahir di Kebun Binatang Denver.

Setidaknya, Bertie sudah menjadi bapak 29 anak kuda nil yang dilahirkan dari dua kuda nil betina. Salah satu anak Bertie adalah kuda nil jantan berusia 12 tahun bernama Mahali. Kini Mahali menjadi satu-satunya kuda nil di Kebun Binatang Denver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com