Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Induk Kuda Nil Serang Buaya yang Incar Bayinya

Kompas.com - 26/06/2015, 04:15 WIB
Ervan Hardoko

Editor

Sumber Mirror

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Bertubuh besar dengan taring raksasa di mulutnya sudah membuat penampilan seekor kuda nil sangat menakutkan.

Jangan sekali-kali mencoba mengganggu anak seekor kuda nil jika tidak ingin bernasib naas. Nasib buruk itulah yang menimpa seekor buaya di Danau Panic, Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan.

Seorang fotografer amatir, Ken Haley, sangat beruntung bisa mendapatkan serangkaian foto perkelahian seekor induk kuda nil dan seekor buaya yang hendak memangsa bayi kuda nil. Kejadian langka ini terjadi pada 11 Juni 2015 lalu.

"Induk kuda nil dan bayinya tengah berendam sekitar 100 meter dari tempat berendam utama sekelompok kuda nil," ujar Haley.

"Saat itu, seekor buaya tengah berbaring diam di tepian danau dan seperti tidak melakukan sesuatu ketika induk kuda nil itu tiba-tiba keluar dari air dan menyerang si buaya," lanjut Haley.

Fotografer kelahiran Inggris 62 tahun lalu itu mengatakan, awalnya dia menduga induk kuda nil itu menyerang buaya untuk melindungi anaknya.

"Saya sangat terkejut dengan kecepatan induk kuda nil keluar dari air dan menyerang buaya itu," kata Haley yang kini tinggal di Afrika Selatan itu.

"Kuda nil itu pasti merasa bayinya tengah diincar buaya tersebut dan instingnya mengatakan dia harus melindungi bayinya," kata Haley.

Dalam foto-foto yang dihasilkan Haley, terlihat induk kuda nil itu menggigit tubuh si buaya dengan rahangnya yang sangat besar itu, sementara sang buaya meronta-ronta berusaha melepaskan diri dari gigitan induk kuda nil.

"Induk kuda nil sempat mengigit tubuh buaya itu selama beberapa detik sebelum si buaya berhasil melepaskan diri, lalu menyelam ke dasar danau dan tak terlihat lagi," kata Haley.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com